Sabtu 21 Oct 2023 07:11 WIB

Ada Karnaval dan Kirab Santri, Jalan di Pusat Kota Tasikmalaya Ditutup Akhir Pekan Ini

Polisi juga menyediakan sejumlah kantong parkir bagi masyarakat.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ani Nursalikah
Peringatan Hari Santri Nasional 2023 tingkat Jawa Barat (Jabar) tahun ini dilaksanakan di Kota Tasikmalaya, Jumat (20/10/2023).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Peringatan Hari Santri Nasional 2023 tingkat Jawa Barat (Jabar) tahun ini dilaksanakan di Kota Tasikmalaya, Jumat (20/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Sejumlah ruas jalan di pusat Kota Tasikmalaya akan ditutup pada akhir pekan ini. Pasalnya, akan terdapat helaran dan karnaval budaya pada Sabtu (21/10/2023) dan kirab santri pada Ahad (22/10/2023) di Kota Tasikmalaya.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Tasikmalaya Kota Iptu Dede Iskandar mengatakan, dua kegiatan itu akan dilakukan di Jalan KH Z Mustofa, yang merupakan wilayah pusat pertokoan di Kota Tasikmalaya. Alhasil, aparat kepolisian menyiapkan sejumlah upaya rekayasa lalu lintas saat dua kegiatan itu dilakukan.

Baca Juga

"Kami sudah buat rencana pengamanan, yaitu sepanjang Jalan KH Z Mustofa ditutup dari Jalan dr Soekardjo sampai Tugu Asmaul Husna," kata dia, Jumat (20/10/2023) malam.

Penutupan jalan itu akan dilakukan pada Sabtu sejak pukul 06.00 WIB hingga kegiatan selesai dilaksanakan. Sementara penutupan untuk kegiatan kirab santri akan dilakukan sejak Ahad pukul 06.00 WIB hingga kegiatan selesai.

Selain melakukan penutupan jalan, polisi juga menyediakan sejumlah kantong parkir untuk kendaraan masyarakat yang hendak menyaksikan dua kegiatan tersebut. Adapun lokasi kantong parkir yang disediakan adalah di Jalan Selakaso, Jalan Cihideung Balong, Jalan Pataruman, dan Jalan Panyerutan.

Dedi menambahkan telah menyiagakan sejumlah personel di titik penutupan jalan. Itu dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas.

"Kami akan tempatkan anggota di titik penutupan. Jadi kemacetan bisa dilakukan penguraian," kata dia.

Berdasarkan informasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tasikmalaya, agenda helaran dan karnaval budaya yang dilaksanakan dalam rangka hari jadi Kota Tasikmalaya akan dilakukan pada Sabtu sekitar pukul 06.00 WIB. Adapun rute helaran dan karnaval budaya akan dimulai dari Jalan Yudanagara, melalui Jalan KH Z Mustofa, dan berakhir di Simpang Nagarawangi (Tugu Asmaul Husna).

Sementara kirab santri dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2023 akan dilakukan pada Ahad pagi. Rute kirab santri akan dimulai dari Kompleks Olahraga Dadaha, Jalan KH Z Mustofa, dan berakhir di Masjid Agung Kota Tasikmalaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement