Senin 16 Oct 2023 17:55 WIB

Wakil Ketua MK Saldi Isra Ungkap Keanehan Putusan Usia Capres-Cawapres

Wakil Ketua MK Saldi Isra mengungkap keanehan putusan usia capres-cawapres di sidang.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Hakim Konstitusi Saldi Isra (kiri). Wakil Ketua MK Saldi Isra mengungkap keanehan putusan usia capres-cawapres di sidang.
Foto: Republika/Prayogi
Hakim Konstitusi Saldi Isra (kiri). Wakil Ketua MK Saldi Isra mengungkap keanehan putusan usia capres-cawapres di sidang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Saldi Isra mengungkapkan sikapnya mengenai beberapa putusan permohonan ihwal batasan usia capres-cawapres pada Senin (16/10/2023) yang terkesan aneh. Saldi mengaku dirinya bingung karena putusan MK dinilai berubah-ubah dalam waktu dekat. 

"Bahwa berkaitan dengan pemaknaan baru terhadap norma Pasal 169 huruf q UU 7/2017 tersebut, saya bingung dan benar-benar bingung untuk menentukan harus dari mana memulai pendapat berbeda (dissenting opinion) ini," kata Saldi dalam pembacaan pendapat berbedanya di ruang sidang MK, Senin (16/10/2023). 

Baca Juga

Kebingungan yang dimaksud oleh Saldi adalah mulanya putusan MK menolak permohonan PSI yang meminta batasan usia capres-cawapres turun dari 40 tahun menjadi 35 tahun. Namun, setelah putusan itu, MK memutuskan menerima sebagian atas permohonan Almas Tsaqibbiru Re A, mahasiswa UNS yang mengajukan minimal usia capres-cawapres 40 tahun atau berpengalaman menjadi kepala daerah.

"Sebab, sejak menapakkan kaki sebagai hakim konstitusi di gedung mahkamah ini pada 11 April 2017, atau sekitar enam setengah tahun yang lalu, baru kali ini saya mengalami peristiwa aneh yang luar biasa dan dapat dikatakan jauh dari batas penalaran yang wajar: mahkamah berubah pendirian dan sikapnya hanya dalam sekelebat," ungkap Saldi. 

Saldi menjelaskan...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement