Selasa 10 Oct 2023 01:43 WIB

Tiktoker Asal Cirebon Curhat Sampaikan Keluh Kesah, Ganjar Jelaskan Soal Asas 'Fair'

Ganjar yakin regulasi yang ada dibuat untuk keadilan.

Keluh kesah dua orang TikToker asal Cirebon usai ditutupnya TikTok Shop.
Foto: Dok. Web
Keluh kesah dua orang TikToker asal Cirebon usai ditutupnya TikTok Shop.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo mendapatkan keluh kesah dua orang TikToker asal Cirebon usai ditutupnya TikTok Shop. Diketahui pemerintah resmi menutup TikTok Shop pada Rabu (4/10/2023) pukul 17.00 WIB yang merujuk pada aturan pemerintah Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023.

Keluhan itu didapatkan Ganjar usai menghadiri Senam Sehat yang digagas oleh Network for Ganjar bertajuk "Cherbon Guyub” di Kota Cirebon, akhir pekan kemarin. 

Baca Juga

Saat berjalan ke arah mobilnya, Ganjar disambangi oleh dua orang yang menyatakan sebagai TikToker bernama Onit dan Layla, mereka biasa berjualan di TikTok Shop. Namun karena sudah ditutup pemerintah, kedua wanita itu menangis sekaligus mengeluhkan apa yang dialaminya kepada Ganjar.

“Tiktok shop itu kan resmi ditutup pak, tapi UMKM lokal itu kami berpengaruh sekali dengan adanya TikTok shop,” kata Onit dan Layla kepada Ganjar. “Permintaannya apa?” tanya Ganjar.

Mendapatkan pertanyaan dari Ganjar, keduanya berharap agar regulasi penjualan di TikTok Shop segera keluar. Mereka bilang, melalui TikTok Shop para UMKM terbantu penjualannya.

“Bapak tolong regulasi di TikTok shop dipercepat supaya yang kita UMKM pengen naik. Tolong ya pak karena saya beneran ini banget. Saya adalah pelaku di bawah,” ujarnya.

Merespons keluhan tersebut, Ganjar berbicara terkait negara yang harus melindungi semua elemen masyarakat. Termasuk juga mengenai regulasi penjualan secara online dan offline.

Ganjar mengatakan, pemerintah pastinya memiliki langkah yang berpihak kepada kepentingan negara dan masyarakat, terutama UMKM. 

“Kalo kemudian kita membiarkan itu toko-toko pasar tradional tutup maka kita harus mendengarkan. Maka langkah yang harus dilakukan adalah semua sekarang mesti mengikuti aturan dan kita akan melindungi rakyat Indonesia,” kata Ganjar.

Ganjar pun meminta kepada Onit untuk tenang. Dia berjanji akan menyerap aspirasinya pihak-pihak yang terdampak dari penutupan TikTok Shop.

Gini guys, jangan nangis dulu guys, aku jelasin guys tidak hanya TikTok Shop saja. Ada banyak kreatifitas dengan cretive hub yang ada dan kita bisa lakukan itu,” kata Ganjar.

“Tapi Ketika kemudian bangsa ini rakyatnya terdesak oleh itu regulasi harus dikeluarkan dan diatur agar menjadi fair,” ujar dia menambahkan. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement