Senin 09 Oct 2023 14:26 WIB

Semakin Dekat, Ini Tips Belajar untuk Persiapan Tes PPPK 2023

Banyak platform online yang bisa membantu calon pelamar belajar memahami soal tes.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Friska Yolandha
Peserta calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mengikuti ujian seleksi kompetensi dengan Computer Assisted Test (CAT) di Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad (2/4/2023). Sebanyak 2.002 peserta calon PPPK tenaga teknis di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2022 yang berlangsung 2 April hingga 4 April 2023 tersebut untuk memperebutkan 442 formasi yang tersebar pada 59 unit kerja perangkat daerah.
Foto:

Tips berikutnya, para calon peserta perlu berlatih mengerjakan soal. Alif mengatakan, satu kunci kesuksesan dalam tes PPPK adalah berlatih mengerjakan soal-soal latihan. Soal-soal tersebut dapat ditemukan pada latihan daring atau menggunakan buku-buku latihan khusus untuk tes PPPK.

“Berlatih secara rutin akan membantu Anda meningkatkan kemampuan menjawab soal dengan cepat dan tepat,” jelas dia. 

Alif mengatakan salah satu belajar yang efektif untuk mempersiapkan diri menghadapi tes PPPK adalah dengan berlatih mengisi soal dengan cepat dan efektif.

Tips berikutnya yang Alif ungkapkan adalah tentukan jadwal belajar yang teratur dan konsisten. Para calon peserta dapat mencoba untuk mengalokasikan waktu setiap hari untuk belajar, berlatih soal, dan memahami materi. Langkah itu dia sebut akan membantu para calon peserta memaksimalkan persiapan.

“Berlatih tidak hanya di lembaga Bimbel PPPK, bisa juga dilakukan di rumah,” kata dia.

Tips terakhir, yakni menjaga kesehatan dan kondisi fisik. Menurut dia, selain belajar, penting juga untuk menjaga kesehatan dan kondisi fisik. Pastikan mendapatkan istirahat yang cukup, makan dengan baik, dan tetap aktif secara fisik. Kesehatan yang baik akan membantu tetap fokus dan berenergi selama persiapan tes dan saat mengikuti tes sebenarnya.

“Ingatlah, persiapan tes PPPK memerlukan komitmen dan usaha yang konsisten. Dengan persiapan yang baik dan sumber belajar yang tepat, Anda akan memiliki peluang lebih baik untuk berhasil dalam Tes PPPK 2023,” jelas Alif.

Dia menerangkan, aplikasi JadiPPPK akan cocok bagi pelamar yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang yang banyak. Di mana, dengan tarif Rp 100 ribu sekali mendaftar, tersedia ratusan Paket Latihan Soal PPPK 2023.

“Soal yang kami sediakan sudah disesuaikan dengan soal PPPK 2023 latsol ini cocok buat kalian yang sibuk, hanya meluangkan waktu 10 menitan saja untuk mengerjakannya,” ucap dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement