Ahad 08 Oct 2023 11:55 WIB

Gelar Pesta Anak Nongkrong X Jakcloth, PAN Ingin Terus Geliatkan UMKM

PAN X Jakcloth akan digelar di sejumlah kota di Indonesia.

Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, saat menghadiri Pesta Anak Nongkrong (PAN) X Jakcloth, di Semarang, Jawa Tengah.
Foto: istimewa/doc humas
Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, saat menghadiri Pesta Anak Nongkrong (PAN) X Jakcloth, di Semarang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Untuk menggeliatkan UMKM di Indonesia, Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar rangkaian kegiatan PAN X Jakcloth di sejumlah kota, yang diawali di Semarang, Jawa Tengah. Upaya mendorong UMKM ini selaras dengan tujuan pemerintah untuk mengurangi impor dan gempuran perdagangan di social commerce.

"Partai Amanat Nasional ikhtiar membantu UMKM kita tumbuh dan berkembang. Maka saya mengajak teman-teman bangga dengan buatan Indonesia," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), Sabtu (7/10/2023).

PAN X Jakcloth digelar selama 6-8 Oktober 2023 di Gris, Semarang dan turut menghadirkan Souljah, Onad, dan musisi lainnya untuk meramaikan acara. Untuk hari ini, kegiatan juga tak kalah meriah, karena bukan hanya dihadiri Zulhas tetapi juga turut diikunjungi oleh Blue Squad dan dihibur oleh Souljah dan Pasha Ungu.

Dalam kegiatan itu, menurut Zulhas, PAN memberikan 60 stand pakaian dan 30 stand kuliner secara gratis untuk UMKM. Harapannya, kegiatan tersebut bisa mewadahi para UMKM dengan penjual secara langsung.

Diungkapan juga, saat inii, pemerintah Indonesia sedang berusaha mengatasi permasalahan impor dan gempuran perdagangan di social commerce. "Pemerintah sekarang sedang mengurangi impor. Impor diperketat agar UMKM kita tumbuh, ekonomi tumbuh sehingga kita bisa ciptakan 12 lapangan kerja,” papar Zulhas, yang juga menteri perdagangan ini.

Pesta Anak Nongkrong (PAN), kata Zulhas, penyelenggaraannya akan berlanjut di beberapa kota di Indonesia. Di antaranya Jawa Timur, Jawa Barat, Lampung, Makassar, dan diharap bisa terus berlangsung di kota lainnya.

Selain PAN, menurut Zulhas, pihaknya pun juga akan melakukan beberapa gerakan lain untuk berkontribusi nyata untuk Indonesia. Salah satunya adalah dengan Birukan Langit Indonesia. Gerakan tersebut adalah salah satu kontribusi PAN terhadap fenomena iklim yang saat ini sedang terjadi di Indonesia, bahkan dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement