Jumat 06 Oct 2023 01:54 WIB

Akademisi Sebut Erick Thohir Kandidat Cawapres Terkuat karena Dipercaya Kaum Perempuan

Erick juga dinilai mendapat sambutan meriah di kalangan santri di Jawa Timur.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menjadi anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) setelah berhasil mengikuti seluruh rangkaian pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) di Sekolah Citra Alam Jagakarsa, Jakarta Selatan, Ahad (28/11).
Foto: Istimewa
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi menjadi anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) setelah berhasil mengikuti seluruh rangkaian pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) di Sekolah Citra Alam Jagakarsa, Jakarta Selatan, Ahad (28/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof Mutimmah Faidah menyebut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi kandidat calon wakil presiden terkuat. Ia menilai Erick adalaja sosok yang dipercaya di kalangan perempuan.

Prof Mutimmah mengatakan kandidat cawapres harus mulai melirik kelompok perempuan. Sebab, di sebagian besar keputusan di pondok pesantren kurang lebih terdapat intervensi bu nyai (istri kiai).

Baca Juga

"Langkahnya sangat mudah, yakni perlu didekati Fatayat dan Muslimat. Kebetulan Pak Erick terlihat minggu lalu hadir pada agenda Apel Akbar Fatayat yang dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur," ucapnya, saat Diskusi Publik "Membaca Peta Dukungan Pilpres di Jawa Timur" di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Kamis (5/10/2023).

Sementara itu, Pengurus Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, Ummi Chaidaroh mengatakan sangat sederhana jika melihat indikator dan tipikal cawapres yang perlu didorong untuk mendampingi nama-nama capres yang telah beredar. Yakni, kedekatan dengan santri dan pengasuh ponpes.

"Kedekatan dengan santri dan juga para pengasuh di ponpes merupakan representasi kedekatan cawapres tersebut dengan masyarakat. Indikator itu sangat terlihat pada Pak Erick Thohir yang sering aktif mengunjungi pondok pesantren," katanya.

Beberapa waktu lalu saat Ketua Umum PSSI tersebut mengunjungi pesantrennya, dia mendapatkan sambutan yang cukup meriah dari kalangan santri.

Akademisi dari Universitas Airlangga Surabaya, Akhmad Jayadi, mengatakan dengan memenangkan Jawa Timur, potensi menjadi pemenang pada Pilpres 2024 sangat besar. Untuk dapat memenangkan suara di Jatim, kata dia, diperlukan seorang yang fleksibel untuk diterima di semua kalangan.

"Salah satu bakal cawapres yang sangat fleksibel untuk bisa masuk di semua kalangan adalah Erick Thohir. Karena variabel resisten-nya sangat sedikit sehingga nama Pak Erick Tohir sangat potensi untuk didorong sebagai cawapres yang potensial," ujarnya.

Sementara itu, dosen Ilmu Politik FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya Laili Bariroh, menilai Erick Thohir mempunyai kemampuan untuk mengimbangi ruang kosong terkait pengelolaan ekonomi politik. "Ini tentu belum dimiliki oleh capres-capres yang beredar, sehingga jika modal ini menjadi penting untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang ada," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement