Selasa 03 Oct 2023 17:16 WIB

Anak 7 Tahun Meninggal Seusai Operasi Amandel, RS Kartika Husada Minta Maaf

Dilaporkan ke Polda Metro Jaya, RS Kartika Husada tegaskan operasi sudah sesuai SOP.

Rep: Ali Yusuf / Red: Andri Saubani
Rumah Sakit (RS) Kartika Husada tidak menjelaskan apa yang menjadi penyebab kematian korban BAD (7 tahun) setelah operasi amandel. Seperti diketahui BAD telah mengalami mati batang otak setelah operasi amandel di RS Kartika Husada.
Foto:

Albert Francis, ayah dari BAD menjelaskan, anaknya dalam kondisi kritis dan tidak sadarkan diri selama dua pekan sejak operasi amandel dilakukan pada Selasa (19/9/2023). Albert menyampaikan pascaoperasi itu anaknya tak sadarkan diri.

"Kondisi anak saya saat ini masih sama tidak ada perkembangan. Masih kritis dan tidak sadarkan diri," ujarnya, Senin (2/10/2023).

Albert juga menyampaikan sebelum anaknya meninggal dunia, dokter telah menyampaikan, BAD mengalami infeksi di paru-parunya di sebelah kanan. Menurut Albert, hal ini karena pemakaian ventilator yang terlalu lama 

"Karena pemakaian ventilator dari mulut, inkubasi itu terlalu lama," kata Albert.

Kejadian bermula saat dua anak Albert, BAD dan J (9 tahun), menjalani operasi amandel di RS Kartika Husada. Dua bocah ini dirujuk dari puskesmas ke rumah sakit tersebut lantaran menderita sakit tenggorokan dan telinga. Keduanya juga harus menjalani operasi pengangkatan amandel.

Anak kedua Albert, BAD, yang terlebih dulu dioperasi pada 19 September 2023. Kabar dari dokter, lanjut Albert, operasi BAD berjalan lancar. Akan tetapi, anak bungsunya itu tiba-tiba kesulitan bernapas beberapa saat kemudian.

Dokter lantas melakukan resusitasi jantung dan memasangkan ventilator terhadap BAD. Menurut Albert, korban dibawa ke ruang ICU dengan kondisi tidak sadarkan diri. Sejak saat itu, BAD tak kunjung siuman hingga akhirnya dinyatakan meninggal.

"Pengamatan dokter syaraf berdasarkan GCS (glasgow coma scale), di situ dokter mengeluarkan diagnosa bahwa anak saya mati batang otak," ujar Albert.

Karena itulah, keluarga korban melaporkan sejumlah dokter RS Kartika Husada ke Polda Metro Jaya pada 29 Oktober 2023. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement