Selasa 03 Oct 2023 03:05 WIB

Senam Bersama Relawan Kowarteg Ganjar Jadi Tempat Anjangsana Warga

Warga berharap kegiatan serupa digelar sepekan sekali di desa.

Senam sehat di Desa Gempolpading, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim).
Foto: Dok. Web
Senam sehat di Desa Gempolpading, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim).

REPUBLIKA.CO.ID, LAMONGAN -- Ratusan warga mengikuti senam bersama yang diadakan relawan Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia di Desa Gempolpading, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim). 

Koordinator Wilayah Kowarteg Jatim, Kiki Kurniawan mengatakan, senam bersama yang sukses diselenggarakan dihadiri hampir seluruh ibu-ibu di Desa Gempolpading. 

Baca Juga

Menurutnya, senam bersama ini menjadi tempat anjangsana bagi warga Desa Gempolpading. Mereka nampak bersemangat mengikuti jalannya senam yang diinisiasi oleh para pendukung Ganjar Pranowo tersebut. 

"Alhamdulillah manfaat senam ini kita juga bisa silaturahmi, berangjangsana, bertegur sapa dengan warga Gempolpading ini, lalu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita," kata Kiki, seperti dinukil pada Senin (2/10/2023). 

 

Selain itu, senam ini juga menjadi upaya Kowarteg untuk mensosialisasikan gaya hidup sehat guna menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh saat cuaca sedang tidak bersahabat. 

"Agar kita selalu segar bugar dan menjaga kesehatan, imun tubuh, terutama pada ibu-ibu. Yang mana cuaca saat ini kurang bersahabat. Kami mengajak agar stamina dan kesehatan tetap terjaga," sebut Kiki. 

Dalam kegiatan tersebut, relawan Kowarteg juga memberikan bubur kacang hijau kepada para ibu-ibu guna menambah nutrisi, serta energi untuk berolahraga. Kiki mengatakan, kegiatan tersebut terinspirasi dari sosok Ganjar yang sangat gemar berolahraga. 

"Kegiatan Kowarteg senam ini terinspirasi dari sosok Pak Ganjar ya. Dia selalu memberikan contoh pada kita bahwa hidup sehat yang paling nomor satu," sebut Kiki. 

Sementara itu, salah satu ibu-ibu peserta senam, Widya mengatakan bahwa kegiatan senam dari Kowarteg sangat bermanfaat. Lewat senam ini, warga desa bisa berkumpul bersama guna mempererat keakraban. 

"Ini jadi silaturahmi lebih. Soalnya kalau tetangga itu enggak ada kegiatan ini, enggak keluar rumah. Jadi senam ini mereka saling bertegur sapa lebih dalam lagi. Silaturahmi lebih terjalin dengan baik," jelas Widya. 

Besarnya manfaat kegiatan tersebut, membuat Widya berharap agar Kowarteg bisa terus mengadakan senam bersama secara berkala setiap sepekan sekali di desanya. 

"Ini manfaatnya banyak. Ini cuaca kan enggak menentu. Untuk kegiatan senam ini membantu, ada vitamin D. Untuk manula-manula manfaatnya banyak juga untuk kesehatan mereka," kata dia. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement