Senin 02 Oct 2023 16:34 WIB

Beri Gelar Kehormatan untuk KSAD, Unpas: Kstaria Cerdas

Sosoknya sebagai seorang jenderal di TNI AD, tapi tetap mengedepankan akademiknya. 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Unpas memberikan gelar kehormatan untuk Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr H Dudung Abdurachman SE MM.
Foto: dok. Republika
Unpas memberikan gelar kehormatan untuk Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr H Dudung Abdurachman SE MM.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Pasundan (Unpas) memberikan gelar kehormatan untuk Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dr H Dudung Abdurachman SE MM yakni Sinatria Abhitah Parditya atau kesatria yang cerdas. Gelar kehormatan tersebut diberikan pada Jenderal TNI Dr H Dudung Abdurachman dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKBM) Unpas yang diselenggarakan di Sasana Budaya Ghanesa (Sabuga) jalan Tamansari, Bandung, Senin (2/10/2023).

“Kehadiran Jenderal TNI Dr H Dudung Abdurachman SE MM selain untuk menyampaikan pidato ilmiah sekaligus juga mendapatkan gelar kehormatan yakni Sinatria Abhitah Parditya atau kesatria yang cerdas,” ujar Rektor Unpas Prof Dr Ir H Eddy Jusuf Sp MSi MKom IPU, usai menyerahkan penghargaan.

Prof Eddy mengatakan, pemberian penghargaan itu diberikan kepada Jenderal TNI Dr H Dudung Abdurachman karena sosoknya sebagai seorang jenderal di TNI AD, tapi tetap mengedepankan akademiknya. 

“Bahkan saat ini sedang mengajukan guru besar jadi dia merupakan kesatria yang cerdas sehingga layak mendapatkan gelar kehormatan tersebut di kampus kami,” kata Prof Eddy.

Selain itu, kata dia, Dr Dudung juga menjadi sosok yang bisa mempersatukan mahasiswa di Unpas. Karena Unpas memiliki mahasiswa dari berbagai etnis budaya dan provinsi termasuk negara lain mahasiswanya ada di Unpas.

“Sehingga kami dipersatukan  rumah besar ini yakni Universitas Pasundan tentu peran persatuan dan kesatuan etnik dan provinsi ini sangat memegang peranan, sehingga kami menilai layak memberikan gelar kehormatan ini untuk Dr Dudung Abdurachman,” paparnya. 

Sementara Kepala Staf TNI Angkatan Darat (ksad) Jenderal TNI Dr H Dudung Abdurachman, SE MM dalam pidato ilmiahnya bertema Wawasan Kebangsaan Untuk Tetap Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Kalangan Mahasiswa kepada sebanyak 3.759 mahasiswa baru Unpas.

“Ini sangat penting persatuan dan kesatuan harus tetap terjaga dalam kehidupan berbangsa dan  bernegara. Dan tetap kita pelihara dan kita jaga karena ada hal- hal yg bisa memecah belah kita yang harus kita waspadai baik internal ataupun eksternal," paparnya.

Dudung mencontohkan, saat ini negara yang sedang dipecah belah oleh pihak luar yakni Timur Tengah. Oleh karenanya, Dudung menyebutkan, jika Bangsa Indonesia melalui sejarah-sejarah merah putih tidak serta meraih kemerdekaan seperti membalikan telapak tangan.

Namun perjuangan tersebut, kata dia, harus kita pegang sehingga merah putih tetap berkibar. Caranya, kita saling menghormati dan menghargai demi persatuan dan kesatuan bangsa.

"Di sini saya sampaikan jika fondasinya Kebhinekaan, tiangnya persatuan dan kesatuan sedangkan atapnya adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka Bangsa Indonesia tetap terjaga melalui generasi-generaai muda saat  dan harapan bangsa kita semoga ke depan Bangsa Indonesia semakin maju dan mandiri,” paparnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement