Sabtu 30 Sep 2023 23:18 WIB

Di depan Warga Asahan, Tuan Guru Sahabat Ganjar Kenalkan Manfaat Hidroterapi Berwudhu

Wudhu memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Edukasi bertajuk Terapi dan Manfaat Wudhu untuk Kesehatan Jasmani digelar di Majelis Taklim Nurul Yakin, Desa Sei Kapayang Tengah, Kecamatan Sei Kapayang, Kabupaten Asahan, Sumut.
Foto: Dok. Web
Edukasi bertajuk Terapi dan Manfaat Wudhu untuk Kesehatan Jasmani digelar di Majelis Taklim Nurul Yakin, Desa Sei Kapayang Tengah, Kecamatan Sei Kapayang, Kabupaten Asahan, Sumut.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN ASAHAN -- Kelompok relawan Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumatra Utara (Sumut) mengedukasi manfaat hidroterapi  ketika berwudhu kepada warga Kabupaten Asahan, Sumut.

Edukasi bertajuk ‘Terapi dan Manfaat Wudhu untuk Kesehatan Jasmani’ itu digelar di Majelis Taklim Nurul Yakin, Desa Sei Kapayang Tengah, Kecamatan Sei Kapayang, Kabupaten Asahan, Sumut. 

Baca Juga

“Kita melaksanakan kegiatan rutin kita untuk menebarkan lebih banyak manfaat kepada masyarakat,” kata Koordinator Wilayah Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut, Zulfi Andika di seperti dinukil pada Sabtu (30/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut, TGS menerangkan dampak positif terhadap kesehatan jasmani akan dirasakan ketika berwudhu.

Zulfi mengatakan, kontak antara air, proses membasuh, dan permukaan yang dibasuh menjadi sarana terapi kesehatan menggunakan media air atau biasa disebut hidroterapi. 

Dengan demikian, air wudhu yang membasahi kulit wajah, kulit tangan dan kaki, serta kuku tidak hanya membersihkan dari kotoran, tetapi berpotensi untuk hidroterapi dan menjaga kesehatan. 

“Wudhu ini ada manfaat hidroterapi yang sangat banyak kalau kita lihat. Yang paling umum kita bisa melancarkan peredaran darah, juga menghindari kerutan-kerutan dan bisa menjaga konsentrasi dan fokus,” kata Zulfi.

Zulfi mengatakan, materi ini memberikan wawasan positif agar warga di Kabupaten Asahan semakin semangat menjaga kesehatannya melalui cara-cara yang penuh keberkahan, seperti berwudhu.

Tak ketinggalan, Zulfi mengajak warga Kabupaten Asahan untuk selalu menggelorakan kegiatan positif dan menyebarkan pesan-pesan kebaikan di lingkungan sekitar. Sebagaimana yang kerap disampaikan Ganjar.

“Sesuai dengan pesan-pesan Bapak Ganjar kepada kita semua, agar semantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama,” pungkasnya.

Selain memberikan edukasi manfaat hidroterapi ketika berwudhu, Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut juga memberikan bantuan kepada Majelis Taklim Nurul Yakin berupa kipas angin dan tikar.

Haluyah Marpaung selaku Ketua Majelis Taklim Nurul Yakin mengucapkan terima kasih ke Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut atas bantuannya. Haluyah mendoakan kesehatan dan kesuksesan  relawan itu.

“Syukur alhamdulillah kepada Tuan Guru Sahabat Ganjar yang sudah memberikan bantuan-bantuan buat kami yang bisa kami gunakan sehari-hari untuk kepentingan bersama,” ujar dia. 

Sebelumnya, kelompok yang sama menggelar zikir dan praktik salat tilawah di Lingkungan IV, Kelurahan Brohol, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi, Sumut bersama Majelis Taklim Islamiyah.

“Kami di sini melaksanakan kegiatan edukasi keagamaan mengenai tentang praktik atau simulasi tentang sujud tilawah,” kata Koordinator Wilayah (Korwil) TGS Ganjar Sumatera Utara, Zulpi Andika.

Dalam kegiatan ini, TGS Ganjar memberikan pengetahuan seputar sujud tilawah. Salah satu Tuan Guru menyampaikan sujud tilawah merupakan gerakan yang dilakukan ketika membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah. 

 

"Sujud tilawah bisa dilakukan di dalam dan luar salat. Jika dilakukan di dalam salat, sujud dilakukan mengikuti imam," ujar dia, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement