Sabtu 30 Sep 2023 16:50 WIB

Burhanuddin Muhtadi: Erick Thohir Terkuat Dampingi Capres Prabowo

Menurut Indikator, M Ridwan Kamil menjadi cawapres terkuat bagi Ganjar Pranowo.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Erik Purnama Putra
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi.
Foto: Tangkapan Layar
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dinilai paling pantas mendampingi calon presiden (capres) Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Ini terekam dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia periode Agustus-September 2023.

Pendiri Indikator, Burhanuddin Muhtadi menyebut, Erick Thohir mampu meraih 25,8 persen dari 4.090 pemilih dengan 1.200 sampel basis survei secara nasional. ET, sapaan akrabnya, mampu mengungguli sejumlah kandidat lain di bursa cawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo.

Baca Juga

"Ini cawapres pilihan publik yang dianggap paling pantas mendampingi Pak Prabowo," kata Burhanuddin dalam paparan di Jakarta, Sabtu (30/9/2023).

Dia menuturkan, raihan ET berjarak cukup jauh dari nama-nama populer yang lain, termasuk Wali Kota Solo sekaligus putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di posisi dua dengan 14,1 persen. Setelah itu, ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan raihan 5,1 persen.

Berikutnya, ada Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto di angka 4,8 persen, Ketum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar 4,4 persen, putri Gus Dur maupun eks Ketum DPP PKBIB Yenny Wahid 1,8 persen, serta Ketum DPP PBB Yusril Ihza Mahendra dengan 1,0 persen.

Ada pula tokoh dari Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah yang masuk bursa cawapres untuk Prabowo. Mulai dari Yahya Cholil Staquf dengan torehan 0,7 persen, Saifullah Yusuf 0,6 persen, sampai Muhadjir Effendy 0,2 persen.

"Erick Thohir 25,8 persen paling banyak dinilai sebagai yang paling pantas menjadi wakil presiden untuk Prabowo Subianto," ujar Burhanuddin.

Dari poros lain, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan Ketum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai paling pantas mendampingi capres Anies Rasyid Baswedan. Namun, survei itu dilakukan sebelum Muhaimin Iskandar dideklarasikan sebagai pendamping Anies.

Uniknya, Erick Thohir turut muncul di poros PDIP untuk mendampingi capres Ganjar Pranowo. ET berada di posisi dua dengan raihan 16,3 persen, di bawah eks gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil dengan 16,9 persen. Adapun posisi ketiga dihuni Sandiaga Uno dengan 11,2 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement