Selasa 26 Sep 2023 16:41 WIB

Akademisi UI Ungkap Pentingnya Stimulasi Bagi Optimalisasi Pertumbuhan Anak

Masyarakat diharapkan dapat lebih memahami pentingnya stimulasi pada anak.

Dosen Program Studi Fisioterapi, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat
Foto: istimewa
Dosen Program Studi Fisioterapi, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Dosen Program Studi Fisioterapi, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat pada Sabtu, 23 September 2023, berupa penyuluhan dan workshop mengenai pentingnya stimulasi taktil dengan baby massage untuk optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak di Desa Bunihara, Serang Banten.

Ketua Tim Pengabdi Vokasi UI Mita Noviana di kampus UI, Depok, mengharapkan dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat dapat lebih memahami pentingnya stimulasi pada anak, salah satu bentuk stimulasi yang dapat dilakukan orangtua untuk anaknya dirumah adalah stimulasi taktil dalam bentuk baby massage. Baby massage atau pijat bayi sangat banyak manfaatnya jika dilakukan secara rutin oleh orang tua, seperti dapat meningkatkan berat badan, membuat tidur lebih lelap, dan meningkatkan bonding orang tua dan anak.

Baca Juga

"Kolaborasi masyarakat dan perguruan tinggi, khususnya UI, melalui peran para akademisinya yang memiliki kepedulian terhadap kesehatan anak untuk mengoptimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak” ujar dia dalam siaran persnya, Selasa (26/9/2023).

Kegiatan itu, meliputi penyuluhan tentang pentingnya stimulasi taktil dengan baby massage kepada para kader dan warga. Dilanjutkan, workshop baby massage yang melibatkan kader secara langsung. Diharapkan dengan latihan secara langsung menggunakan boneka dan anak secara langsung, kader dan orangtua dapat mempraktikannya secara langsung kepada anaknya di rumah.

Warga Serang Banten, Jumenah 41 Tahun Kader Posyandu Melati, mengatakan kegiatan ini merupakan pertama kalinya penyuluhan yang melibatkan ibu dan anak untuk ikut serta dalam pelatihan baby massage untuk optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Saya juga berharap agar kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan ke depannya dan berkelanjutan, agar dapat meningkatkan pengetahuan kami," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement