Senin 25 Sep 2023 10:56 WIB

Kementan Tunjuk Penyanyi Dangdut Lesti Kejora Jadi Duta Petani Milenial

Penyanyi dangdut Lesti Kejora jadi duta petani milenial dan ditunjuk langsung Mentan.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Penyanyi Lesti Kejora. Penyanyi dangdut Lesti Kejora jadi duta petani milenial dan ditunjuk langsung Mentan.
Foto: Instagram
Penyanyi Lesti Kejora. Penyanyi dangdut Lesti Kejora jadi duta petani milenial dan ditunjuk langsung Mentan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Bertepatan dengan satu tahun berdirinya Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian (Kementan), penyanyi dangdut Lestiani alias Lesti Kejora menerima sertifikat Duta Petani Milenial dari Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Pemilihan Duta Petani Milenial ini diharapkan dapat mempercepat regenerasi petani, dengan meningkatkan peran generasi muda dalam mengembangkan dan memajukan sektor pertanian.

Perwakilan Humas Kementan, Agung, memgatakan pihaknya memberikan Lesti penghargaan sebagai duta petani milenial, dengan harapan Lesti bisa menjadi sosok generasi muda yang menghargai para petani. Serta tidak melupakan para petani yang bersusah payah menyiapkan pangan.

Baca Juga

Ia menyebutkan, pada 2021 Kementan juga telah mengukuhkan sekitar 2.000 Duta Petani Milenial (DPM) dan Duta Petani Andalan (DPA). Bahkan jumlah ini dipastikan terus bertambah setiap tahunnya.

“Duta Petani Milenial ini memiliki background yang beragam. Banyak dari mereka adalah para petani muda yang sukses dan berhasil,” kata Agung akhir pekan lalu. 

Agung menambahkan, Kementan memiliki harapan besar para Duta Petani Milenial bisa giat mengampanyekan petani sebagai profesi yang menarik dan menjanjikan bagi anak muda. Diketaui, kedua orangtua Lesti juga berprofesi sebagai petani di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Lesti yang memiliki latar belakang sebagai keluarga petani bisa turut berkampanye tentang profesi petani dan dunia pertanian. Kami punya banyak duta petani milenial lainnya juga yang inspiratif,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Agung mengatakan, pemilihan Lesti mempertimbangkan sosoknya dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak muda. Dimana dirinya bersama keluarga besarnya masih bertani hingga saat ini. 

Fakta tersebut juga diperkuat berdasarkan informasi di media sosial Lesti Kejora yang kerap menunjukkan aktivitas keluarga di bidang pertanian. “Sehingga aktivitas yang bersangkutan ini diharapkan menjadi daya tarik bagi anak muda milenial untuk mencintai dan mendukung pertanian Indonesia,” ucapnya.

Diketahui, pemberian sertifikat tersebut dilakukan langsung oleh Mental SYL pada Kamis (21/9/2023)di Lapangan Utama BB Biogen, Komplek BSIP Cimanggu, Kota Bogor. Mendapatkan golden certificate sebagai Duta Petani Milenial, Lesti Kejora mengaku terharu dan siap berperan dalam pembangunan pertanian. 

Pedangdut muda asal Cianjur ini mengungkapkan hingga saat ini kedua orang tuanya juga masih bekerja sebagai petani, walaupun harus pulang-pergi Cianjur.

“Alhamdulilah, bahkan bersyukurnya sampai detik ini, Lesti bisa hidup di dunia ini karena bertani, meskipun Dedek (panggilan Lesti), tidak bertani langsung, tapi Mamah dan Bapak Dedek masih bertani di Cianjur sampai sekarang,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement