Sabtu 23 Sep 2023 23:19 WIB

Korem 042/Gapu Sediakan Dapur Masuk Sekolah untuk Atasi Stunting

Stunting akan menghambat kesehatan generasi muda Indonesia.

Ilustrasi edukasi cegah stunting.
Foto: ANTARAFOTO/Maulana Surya
Ilustrasi edukasi cegah stunting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI - Korem 042/Gapu menyediakan dapur masuk sekolah yang merupakan salah satu program unggulan Pangdam II/Sriwijaya yang digelar secara serentak di seluruh satuan jajaran untuk mengurangi dan mengatasi stunting di daerah.

Dapur masuk sekolah dilaksanakan Korem 042/Gapu di SDN 94 Danau Serang Elang, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muarojambi yang merupakan titik sasaran program bagi satuan Kodim 0415/Jambi yang dihadiri langsung Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, kata Plh Kapenrem 042/Gapu Kapten Inf AR  Dalimunthe, Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil dalam sambutan secara daring mengatakan Program Dapur Masuk Sekolah merupakan salah satu upaya Kodam II/Sriwijaya untuk mengatasi masalah stunting dengan memberikan makanan bergizi kepada anak-anak sekolah dasar.

Asupan gizi anak-anak pada saat memasuki usia pertumbuhan perlu diperhatikan karena adanya risiko kurangnya daya tahan tubuh dalam menunjang pertumbuhan dan kesehatan.

Oleh karena itu, program unggulan itu dapat membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini juga menjadi implementasi dari salah satu 7 Perintah Harian Kasad yaitu TNI AD harus hadir di tengah kesulitan rakyat, serta mampu memberikan solusi terbaik.

Dalam kesempatan ini, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono yang juga merupakan Bapak Stunting Provinsi Jambi mengatakan kegiatan tersebut juga diselenggarakan di seluruh satuan Kodim jajaran Korem 042/Gapu.

Selain mengunjungi anak-anak sekolah di pedalaman, kegiatan ini juga dibarengi dengan aktivitas amal dengan membawa makanan dan tambahan gizi berupa susu kepada anak-anak sekolah.

Menurut dia, wujud pengabdian prajurit TNI kepada masyarakat adalah dengan berusaha melaksanakan program-program unggulan yang bertemakan untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat serta hadir bersama-sama untuk mengentaskan masalah stunting di wilayah Provinsi Jambi.

Brigjen Supriono memastikan sasaran program pengentasan stunting kepada anak-anak sekolah bertujuan agar nantinya anak-anak dapat tumbuh menjadi generasi unggul di masa-masa yang akan datang.

Danrem juga mengajak semua pihak terkait untuk bersama-sama membantu kesulitan masyarakat dan meningkatkan gizi bagi anak-anak agar angka stunting di Provinsi Jambi dapat berkurang.

"Semoga apa yang kita lakukan ini berbuah kebaikan, mendapatkan berkah dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa serta benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Supriono.

Sementara itu, kegiatan peluncuran Dapur Masuk Sekolah ini juga disertai dengan kegiatan makan bersama anak-anak dan pemberian bantuan sarana olahraga kepada pihak sekolah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement