Selasa 19 Sep 2023 12:48 WIB

817 Koleksi di Ruangan Terdampak Kebakaran Museum Nasional, Evakuasi Mulai Dilakukan

Total koleksi benda bersejarah di Museum Nasional yakni 194 ribu.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus raharjo
Petugas menyisir area lokasi kebakaran Museum Nasional di Jakarta, Ahad (17/9/2023). Museum Nasional atau Museum Gajah terbakar pada Sabtu (16/9) sekitar pukul 20.08 WIB kemaren. Menurut data dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, kebakaran yang terjadi di Museum Nasional diduga akibat korsleting arus listrik di bedeng proyek renovasi museum dan mengakibatkan enam ruangan terbakar yakni di Gedung A. Pantauan Republika, sejumlah petugas dari Anggota Laboratorium Forensik,  INAFIS dari jajaran Polda Metro jaya mulai melakukan pengecekan di area lokasi kebakaran. Sementara menurut Pelaksana Tugas Kepala Museum dan Cagar Budaya Kemendikbudristek memastikan semua koleksi hasil repatriasi dari Belanda dapat diselamatkan saat kebakaran melanda.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas menyisir area lokasi kebakaran Museum Nasional di Jakarta, Ahad (17/9/2023). Museum Nasional atau Museum Gajah terbakar pada Sabtu (16/9) sekitar pukul 20.08 WIB kemaren. Menurut data dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, kebakaran yang terjadi di Museum Nasional diduga akibat korsleting arus listrik di bedeng proyek renovasi museum dan mengakibatkan enam ruangan terbakar yakni di Gedung A. Pantauan Republika, sejumlah petugas dari Anggota Laboratorium Forensik, INAFIS dari jajaran Polda Metro jaya mulai melakukan pengecekan di area lokasi kebakaran. Sementara menurut Pelaksana Tugas Kepala Museum dan Cagar Budaya Kemendikbudristek memastikan semua koleksi hasil repatriasi dari Belanda dapat diselamatkan saat kebakaran melanda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengeklaim, proses evakuasi koleksi dan benda bersejarah dari Gedung A Museum Nasional Indonesia, Jakarta, berjalan lancar. Proses tersebut dilakukan secara sangat berhati-hati dan melibatkan hampir 100 personel.

"Proses evakuasi koleksi dan benda bersejarah dari Gedung A Museum Nasional Indonesia berjalan lancar dan dilaksanakan dengan sangat hati-hati," ujar Plt Kepala Museum dan Cagar Budaya Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, lewat keterangannya, Selasa (19/9/2023).

Baca Juga

Sejak kebakaran terjadi, beberapa langkah dan tindakan telah dilakukan. Di antaranya, yakni pembentukan tim investigasi dan evakuasi lintas unit, penutupan enam ruangan yang terdampak oleh Puslabfor, penutupan terbatas pada satu ruangan terdampak untuk investigasi lebih lanjut.

"Sejak kemarin, kami telah memulai proses evakuasi koleksi dari area terdampak ke ruangan penyimpanan sementara didampingi oleh pihak kepolisian," tegas Mahendra.

Sejalan dengan itu pihaknya juga melakukan inventarisasi untuk memastikan setiap benda bersejarah tercatat dengan akurat dan akan mendapatkan perawatan yang diperlukan selama periode pemulihan. Beberapa diantaranya, kata dia, tidak mengalami kerusakan atau utuh.

"Sementara yang lain mengalami tingkat kerusakan yang bervariasi,” tegas Mahendra.

Identifikasi seluruh koleksi yang terdampak...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement