Senin 18 Sep 2023 12:30 WIB

Wujudkan Generasi Berkemajuan, PKKMB UMJ 2023 Resmi Dibuka

PKKMB UMJ 2023 digelar di Stadion Sepak Bola UMJ, Cirendeu, Tangerang.

Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (PKKMB UMJ) bertajuk Membangun Nalar Kritis Mewujudkan Generasi yang Berkemajuan, resmi dibuka pada Senin (18/9/2023), di Stadion Sepak Bola UMJ, Cireundeu, Tangerang.
Foto: Dok. UMJ
Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (PKKMB UMJ) bertajuk Membangun Nalar Kritis Mewujudkan Generasi yang Berkemajuan, resmi dibuka pada Senin (18/9/2023), di Stadion Sepak Bola UMJ, Cireundeu, Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (PKKMB UMJ) bertajuk 'Membangun Nalar Kritis Mewujudkan Generasi yang Berkemajuan', resmi dibuka pada Senin (18/9/2023) di Stadion Sepak Bola UMJ, Cireundeu, Tangerang.

Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ki Bagus Hadi Kusumo menyambut datangnya mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menuju lapangan untuk mengikuti rangkaian pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023. 

Baca Juga

Mahasiswa baru tersebut berasal dari dari 10 Fakultas, baik dari Kampus A (Cirendeu) dan Kampus B (Cempaka Putih). PKKMB UMJ diselenggarakan sepekan, mulai Senin hingga Jumat.

"Jika kalian ingin menjadi pengusaha, status kalian sebagai mahasiswa tidak akan menghalangi. Saran saya untuk kalian, tentukan mau jadi apa di sini. Jika sudah, tekuni apa yang sudah kalian pilih. Cari mentor, cari pengalaman. Tidak ada sukses tanpa stres. Justru cobaan, tantangan, dan ujian akan datang dan itu semua yang membuat derajat kita naik," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas), dalam sambutannya.

Zulhas juga membagikan tips kesuksesan yang telah ia jalani, salah satunya adala puasa senin kamis. Menurutnya, meraih kesuksesan dibutuhkan ketangguhan jiwa dan fisik. 

Mendukung semangat mahasiswa baru, Zulhas juga memberikan beasiswa sebesar Rp 300.000.000. Diterima secara simbolis oleh Muhammad sofyan mahasiswa Program Studi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Adinda salsabila Program Studi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai perwakilan dari mahasiswa baru UMJ.

photo
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, saat memberikan sambutan di Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (PKKMB UMJ) bertajuk Membangun Nalar Kritis Mewujudkan Generasi yang Berkemajuan, resmi dibuka pada Senin (18/9/2023), di Stadion Sepak Bola UMJ, Cireundeu, Tangerang. - (Dok. UMJ)

 

Parade penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) menambah kemeriahaan pembukaan PKKMB UMJ 2023. Diawali dengan penampilan pencak silat oleh dua mahasiswa UMJ, Yazid Hanif Kurniawan atlet Indonesia yang mendapatkan medali emas cabang olahraga Kun Bokator Men’s Duo Group Performance dan Alfadhila Ramadhan, medali perak Men's Bokator Spirit form pada Sea Games 2023.

Parade dilanjutkan dengan penampilan dari UKM Tapak Suci, Rennaisance, Hizbul Wathan UMJ, Persatuan Sepak Bola (PS UMJ), Foreign Languange Comunity (FLC UMJ), Resimen Mahasiswa (MENWA UMJ), Unit Dakwah Kampus (UDK) Attanwir, Mahasiswa Pecinta Alam STACIA UMJ, Mahasiswa Pecinta Alam (MAPENA), serta Korps Protokoler Mahasiswa (KPM UMJ).

Pada kesempatan yang sama, Rektor UMJ Prof Dr Ma'mun Murod, menyampaikan bahwa mahasiswa dituntut harus berbeda, karena berbeda adalah hal yang wajar. 

"Adik-adik sekarang sudah menjadi mahasiswa, predikatnya bukan lagi siswa. Pola pikir ketika menjadi siswa tentu harus berbeda ketika menjadi mahasiswa. Pikiran adik-adik juga tidak boleh seragam," katanya.

Lebih lanjut Ma'mun berpesan kepada seluruh mahasiswa agar dapat menjadi mahasiswa yang produktif dengan mengikuti berbagai kegiatan yang ada di Universitas. 

"Jangan menjadi mahasiswa kupu-kupu, itu mentalitas siswa, bukan mahasiswa. Mahasiswa adalah siswa yang paling tinggi. Ikuti semua kegiatan yang ada di kampus," ujar Ma'mun.

Pembukaan PKKMB UMJ 2023, secara resmi dibuka dengan disematkannya jas almamater UMJ kepada perwakilan mahasiswa baru, Rektor dan berserta jajarannya didampingi Anggota Komisi X DPR RI menyematkan jas almamater kepada Bima (Fakultas Pendidikan) yang merupakan penghafal Al-Qur’an 30 juz, dan Syifa (Fakultas Teknik), yang merupakan mahasiswa dengan prestasi akademik. Keduanya merupakan penerima beasiswa mahasiswa berprestasi.

Kegiatan pembukaan ini turut juga dihadiri oleh perwakilan LLDIKTI Wilayah III, pimpinan fakultas, Kepala lembaga, Kepala Biro, Kepala Kantor, Ketua Ikatan Alumni, Lembaga Mahasiswa, tamu undangan, dan seluruh sivitas akademika di lingkungan UMJ.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement