Ahad 17 Sep 2023 15:29 WIB

Prabowo Unggul di Kalangan Milenial dan Gen Z, Pengamat: Visi Ekonomi Jadi Faktor

Prabowo dinilai akan mampu stabilkan ekonomi nasional

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Prabowo dinilai akan mampu stabilkan ekonomi nasional
Foto: Republika/ Febrian Fachri
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Prabowo dinilai akan mampu stabilkan ekonomi nasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Calon Presiden (capres) Prabowo Subianto dianggap mampu menstabilkan ekonomi Indonesia. Visi Prabowo dalam bidang ekonomi memberikan dampak dukungan dari generasi muda untuk PIlpres 2024. 

Milenial dan Gen Z melihat sosok Prabowo sebagai pemimpin yang mampu menjamin asa depan generasi muda. Prabowo mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk generasi muda.

Baca Juga

Sosok Prabowo menjadi harapan Milenial dan GenZ. Sosoknya mampu memenuhi kebutuhan kawula muda Indonesia di masa depan.

"Anak muda kita memandang bahwa Prabowo lebih bisa menciptakan stabilitas ekonomi dan  lapangan kerja menuju Indonesia emas 2024," kata Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara, dalam keterangannya ke media di Jakarta, Ahad (17/8/2023).

Igor menilai hal tersebut dikarenakan generasi muda sangat rasional dalam memilih pemimpin. Anak muda lebih cenderung melihat program-program dari setiap capres yang sangat menguntungkan di masa depan. 

Pemilih muda menurut Igor, amat sangat selektif dalam menentukan kandidat mana yang akan didukungnya. 

Namun, untuk Prabowo merupakan suatu yang beda. Prabowo memiliki pemahaman di dunia geopolitik dan teknologi. 

Posisi tersebut sangat menguntungkan bagi Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut untuk meraih dukungan dari kalangan anak muda. Ditambah, Prabowo yang tidak pernah pencitraan sangat disukai oleh generasi muda Indonesia. 

"Para pemilih dari kalangan Gen Z ini lebih melihat masa depan ketimbang masa lalu. Mereka juga lebih melihat kinerja daripada politik identitas atau pencitraan," kata dia. 

Sebelumnya, senior Voxpopuli Research Center Prijo Wasono mengatakan berdasarkan survei bakal calon presiden (capres) Partai Gerindra Prabowo Subianto masih lebih unggul dari bakal capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dalam simulasi head-to-head.

Dalam simulasi tersebut Prabowo meraup lebih dari separuh dukungan publik dengan elektabilitas mencapai 52,3 persen. Sedangkan Ganjar hanya 31,8 persen, dan sisanya 15,9 persen tidak tahu/tidak jawab.

Baca juga: Saat Anda Terbangun Malam Hari dan Ingin Tidur Lagi, Baca Doa Ini

"Dalam simulasi dua nama capres head-to-head, Prabowo unggul telak mengalahkan Ganjar," kata Prijo Wasono dalam keterangan tertulis, Jumat (15/9/2023).

Adapun tiga besar bakal capres favorit versi Voxpopuli Research Center yakni Prabowo Subianto dengan elektabilitas mencapai 26,2 persen. Ganjar Pranowo di urutan kedua dengan 24,3 persen dan Anies Baswedan dengan 16,1 persen di urutan ketiga.

Menurut Prijo, unggulnya Prabowo tercermin dari besarnya potensi migrasi para pemilih nama-nama capres lain di luar posisi tiga besar. Prabowo berhasil meraup tambahan hingga 10,6 persen dari pencapaian elektabilitas pada simulasi banyak nama. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement