Jumat 15 Sep 2023 16:25 WIB

BKN Gandeng Sejumlah Instansi Pastikan Kelancaran Pendaftaran CPNS 2023

BKN gandeng beberapa instansi untuk dukungan infrastruktur pendaftaran CPNS

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Simulasi seleksi CPNS untuk para lulusan baru (fresh graduate) dari sekolah maupun perguruan tinggi di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada Sabtu (12/8/2023).
Foto: Dok. Web
Simulasi seleksi CPNS untuk para lulusan baru (fresh graduate) dari sekolah maupun perguruan tinggi di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada Sabtu (12/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggandeng sejumlah instansi Pemerintah untuk memastikan kelancaran pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023. Pembukaan pendaftaran seleksi CASN 2023 ini akan dibuka pada 17 September 2023 mendatang melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN).

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan, BKN melakukan sejumlah kerja sama dengan beberapa instansi pemerintah untuk aspek kesiapan dukungan infrastruktur.

"Mulai dari akses penyediaan jaringan komunikasi data penyelenggaraan dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Teknologi (BAKTI), monitoring infrastruktur dan keamanan teknologi informasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta penyediaan elektronik materai bersama dengan Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI)," ujar Suharmen dalam siaran pers BKN dikutip Jumat (15/9/2023).

Sementara itu, kesiapan untuk pendaftatan CASN 2023 pada portal SSCASN terdapat fitur tambahan berupa ASN Karier untuk membantu calon pelamar mendapat keterangan terkait rincian jabatan yang dibuka pada seleksi calon ASN tahun ini, baik untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Selain itu, dengan sejumlah formasi jabatan yang akan dibuka pada seleksi tahun ini seperti tenaga kesehatan dan Guru, BKN telah mengintegrasikan portal SSCASN dengan data Dapodik dari Kemendikbud dan SISDMK dari Kemenkes. Adapun untuk mendukung kelancaran pembuatan akun SSCASN, BKN juga melakukan integrasi dengan Dukcapil dari Kemendagri selaku instansi yang bertanggung jawab penuh atas data kependudukan.

"Saat portal pendaftaran yang rencananya akan dibuka pada 17 September 2023 mendatang, seluruh calon pelamar diwajibkan membuat akun baru di portal, baik bagi pelamar yang baru pertama kali melakukan pendaftaran maupun bagi pelamar yang sudah pernah mengikuti seleksi sebelumnya," kata Suharmen.

BKN pun mengimbau kepada seluruh calon pelamar CASN 2023 untuk dapat mencermati persyaratan administrasi dan syarat tambahan pada pengumuman dari instansi yang akan dilamar. Pelamar juga diminta untuk mengikuti perkembangan informasi seleksi melalui kanal informasi resmi pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement