Jumat 15 Sep 2023 11:24 WIB

Rayakan Hari Satwa Nasional 2023, Kehati dan PFI Jakarta Gelar Lomba Foto

Peserta adalah fotografer dari kalangan umum maupun dari pewarta foto di Indonesia.

Para pewarta foto dan fotografer umum sedang membidik objek keanekaragaman hayati.
Foto: Republika.co.id
Para pewarta foto dan fotografer umum sedang membidik objek keanekaragaman hayati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Kehati) menggandeng Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jakarta menyelenggarakan lomba foto sekaligus pameran foto virtual untuk memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2023.

Tema kegiatan kali ini diambil menyambut ari Cinta Puspa dan Satwa Indonesia yang jatuh pada 5 November 2023, dengan subtema, yaitu flora, fauna, ekosistem, serta aktivitas pelestarian manusia dengan flora atau fauna dan habitatnya. Peserta merupakan fotografer dari kalangan masyarakat umum maupun dari pewarta foto di seluruh Indonesia.

Direktur Komunikasi dan Kemitraan Yayasan Kehati, Rika Anggraini menjelaskan, pengumpulan karya fotografi dimulai pada 10 September-9 Oktober 2023. Lalu pameran virtual dan voting pemenang favorit pada 16 Oktober-1 November 2023.

Adapun waktu yang paling ditunggu-tunggu, yakni pengumuman pemenang diumumkan pada 5 November 2023. Menurut Rika, kegiatan lomba dan pameran foto virtual tersebut merupakan bagian dari kampanye penyadartahuan tentang kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia kepada masyarakat luas.

"Kekayaan yang tentunya harus kita lestarikan dan manfaatkan secara adil dan bertanggung jawab. Dengan bekerja sama dengan PFI Jakarta, kita berharap dapat menjangkau partisipan dari jurnalis fotografi yang berada di seluruh Indonesia," ujar Rika dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Hadiah lomba foto senilai total puluhan juta rupiah. Juara satu membawa pulang uang sebesar Rp 10 juta, juara dua Rp 7,5 juta, dan juara tiga Rp 5 juta. Bagi para peserta yang belum berhasil menjadi pemenang, masih mempunyai kesempatan mendapat uang Rp 1 juta jika masuk dalam 10 foto favorit dengan vote terbanyak di laman resmi Kehati.

"Juri lomba foto dan pameran ini menghadirkan fotografer alam liar kawakan dan berpengalaman yakni Riza Marlon. Lalu ada nama Safir Makki yang kini dan tentunya ada perwakilan dari pihak Kehati yakni Ali Sofiawan yang merupakan Manajer Komunikasi dan Informasi Program TFCA-Sumatra," ucap Rika.

Selain mengadakan lomba foto, pihaknya juga menampilkan pameran foto secara virtual di laman resmi Kehati. Sebanyak 100 foto termasuk juara 1, 2, 3 dan 10 foto terfavorit bisa dinikmati oleh pengunjung. "Kegiatan kolaborasi ini  bentuk kepedulian Kehati dan PFI Jakarta untuk bersama-sama mengajak masyarakat menjaga sekaligus melestarikan keanekaragaman hayati di Indonesia," ujar Rika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement