Kamis 14 Sep 2023 16:13 WIB

Sukses Pimpin PSSI, Erick Thohir Makin Disukai Khalayak Luas

Kedekatan Erick dengan Jokowi punya peran dalam meningkatnya elektabilitasnya.

Menteri BUM Erick Thohir bersama Presiden Jokowi di sela uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu (14/9/2023).
Foto: @erickthohir
Menteri BUM Erick Thohir bersama Presiden Jokowi di sela uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu (14/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir disebut berhasil mengharumkan sepak bola Tanah Air di kancah internasional. Hal itu merujuk prestasi timnas Indonesia maupun U-23 yang mencatatkan berbagai hasil gemilang.

Keberhasilan Erick mendatangkan talenta sepak bola top dunia ke Indonesia membuatnya semakin disukai oleh masyarakat luas. Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim menilai, keberhasilan Erick dalam memimpin PSSI membuat elektabilitasnya sebagai calon wakil presiden (cawapres) menjadi tinggi.

Baca Juga

Eks Presiden Inter Milan tersebut menempati posisi pertama dalam berbagai survei. "Tren kenaikan elektabilitas ini sudah tampak terutama setelah Erick Thohir menjadi ketua umum PSSI," kata Kennedy ketika dihubungi di Jakarta dikutip Kamis (14/9/2023).

Dalam survei Polling Institute periode Agustus 2023, nama Erick berada di posisi teratas dalam simulasi 19 nama dengan raihan 19,5 persen. Menteri kepercayaan Presiden Jokowi tersebut tetap berada di posisi pertama dalam simulasi lima nama Polling Institute dengan 24,5 persen.

 

"Dalam survei Polling Institute di berbagai simulasi baik 19 nama dan lima nama bacawapres, nama Erick Thohir mengungguli nama-nama kandidat lainnya di bursa cawapres," ucap Kennedy.

Selain faktor kinerja apik di PSSI, kedekatan Erick dengan Presiden Jokowi juga memiliki peran dalam meningkatnya elektabilitasnya. Pasalnya, Erick mendapat berkah elektoral karena menjadi menteri andalan dan kepercayaan dari RI 1. Hal itu membuka peluang lebar bagi Erick menjadi cawapres.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement