Kamis 07 Sep 2023 18:26 WIB

Akan Perkuat Kepemimpinan Prabowo, Erick Thohir Punya Pengalaman Bidang Ekonomi

Erick Thohir dinilai sebagai penguat kepemimpinan Prabowo.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir usai rapat kerja terkait RUU BUMN dengan Badan Legislatif di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/9/2023).
Foto: Republika/ Muhammad Nursyamsi
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir usai rapat kerja terkait RUU BUMN dengan Badan Legislatif di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai sosok yang tepat menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Sebabnya, Erick diyakini mampu menggenjot pertumbuhan ekonomi nasional menjadi lebih baik lagi.

 

Baca Juga

"Menurut saya duet Prabowo - Erick ini bisa terjadi, apalagi keduanya memiliki modal seperti Erick Thohir yang sangat kuat dibidang ekonomi," kata Universitas Brawijaya Anang Sujoko, saat dihubungi Kamis (07/09/2023).

Melihat rekam jejak, Ketum PSSI ini merupakan seorang pebisnis yang berhasil membangun perusahaan dengan baik. Setelah itu, Erick Thohir dipercayakan oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

Selama memimpin BUMN, Erick Thohir berhasil melakukan transformasi besar-besaran. Berkat inovasi transformasi BUMN berhasil mencatatkan laba yang terus meningkat setiap tahunnya mulai dari Rp 13 triliun di tahun 2020 menjadi Rp303 triliun pada tahun 2022.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kepiawaian Erick Thohir dalam bidang ekonomi. Maka tak heran, Erick Thohir dinilai menjadi pelengkap apabila dipasangkan oleh Prabowo Subianto yang ahli dalam bidang pertahanan negara.

"Sosok Erick Thohir ini sangat menjadi pelengkap dari Capres Prabowo Subianto. Keduanya bahkan saling melengkapi dan cocok jika dipasangkan," tambah Anang.

Kecocokan ini terlihat dari beberapa lembaga survei terkait pasangan capres dan cawapres. Seperti Lembaga Suvei Nasional (LSI) periode Agustus 2023, Prabowo - Erick berhasil mendapatkan elektabilitas pada peringkat pertama dengan hasil 36,1 persen.

Adapun peringkat kedua ditempati oleh pasangan Gubernur Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu Ganjar Pranowo - Khofifah Indar Parawansa dengan tingkat elektabilitas sebesar 35,1 persen serta di posisi ketiga ada pasangan Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan dukungan sebanyak 22,3 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement