Selasa 05 Sep 2023 12:33 WIB

Kamala Harris, Trudeau Hingga Pangeran Mateen Sudah Hadir di Jakarta

Para pemimpin negara ada di Jakarta untuk menghadiri KTT ASEAN.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Indira Rezkisari
Pangeran Mateen mendampingi Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah menghadiri KTT ASEAN ke 43, Selasa (5/9/2023).
Foto: Dok Biro Pers
Pangeran Mateen mendampingi Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah menghadiri KTT ASEAN ke 43, Selasa (5/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pemimpin negara dunia tiba di Indonesia dalam rangka KTT ASEAN ke-43. Salah satu pemimpin yang baru mendarat adalah Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

Trudeau tiba di Indonesia menggunakan pesawat kepresidenan Kanada, Selasa (5/9/2023) pada pukul 11.50 WIB. Trudeau yang baru mengumumkan perceraiannya didampingi oleh Xavier Trudeau anak sulungnya.

Baca Juga

Rangkaian perjalanan Trudeau selain menghadiri KTT ASEAN juga untuk melakukan kunjungan ke Singapura dan KTT G20 di New Delhi India pada 9 September mendatang. Dikutip dari keterangan resmi Kedutaan Besar Kanada di Jakarta, Trudeau ikut serta dalam KTT ASEAN ini untuk bisa menegaskan komitmen Kanada dalam memperkuat kerja sama ekonomi di ASEAN.

"Kanada ingin mempertegas komitmen untuk memperkuat kerja sama ekonomi, dan menghilangkan hambatan perdagangan guna menciptakan lapangan pekerjaan bagi kelas menengah dan membuat hidup lebih terjangkau," demikian isi keterangan resmi tersebut.

Trudeau dijadwalkan akan melakukan bilateral meeting bersama Presiden RI Joko Widodo. Dalam pertemuan tersebut, Tudeau akan membahas kerjasama melawan perubahan iklim serta ketahanan pangan. Pertemuan tersebut juga akan mempertegas perjanjian kemitraan ekonomi komperhensif dengan Indonesia.

photo
Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau bersama sang putra, Xavier Trudeau tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta untuk menghadiri pertemuan KTT ASEAN ke-43, Selasa (5/9/2023). - (Republika)

Selain Trudeau Pangeran Mateen dari Brunei Darussalam juga sudah tiba di Tanah Air. Pangeran Mateen adalah anak dari Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah.

 

Pangeran muda berusia 31 tahun ini memang terkenal di jagat dunia maya karena ketampanannya dan aktivitas yang kerap ia bagikan di sosial media. Pangeran Mateen tadi padi ketika turun dari mobil bersama Ayahnya, menjabat tangan Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana yang menyambut para delegasi di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan. Pangeran Mateen tampak mengenakan setelan jas dengan dasi berwarna biru.

 

Pangeran Mateen merupakan anak ke-10 dari Hassanal Bolkiah. Bernama asli Abdul Mateen, ia menghabiskan banyak pendidikan militer di Inggris dan sempat tercatat menjadi mahasiswa King College London jurusan Ilmu Politik. Memiliki darah campuran Jepang dari sang ibu, Mateen menjadi idola anak muda saat ini karena ketampanannya.

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris dan Perdana Menteri China Li Qiang juga sudah hadir di Jakarta. Dikutip dari laman Gedung Putih, Presiden Biden menjelaskan bahwa kehadiran AS dalam KTT ASEAN ini merupakan dukungan AS terhadap upaya bersama untuk mengatasi masalah global, termasuk transisi energi ramah lingkungan dan memerangi perubahan iklim.

 

"Wakil Presiden akan memajukan inisiatif untuk meningkatkan kesejahteraan dan keamanan bersama, termasuk dengan memajukan pekerjaan kita dalam krisis iklim, keamanan maritim, infrastruktur, pertumbuhan ekonomi, upaya untuk menegakkan dan memperkuat aturan dan norma internasional di bidang ini," ujar Biden.

 

Sedangkan Li Qiang, dilansir dari Anadolu Agency, juga akan datang ke KTT ASEAN kali ini untuk bisa mendukung kemajuan ASEAN. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin mengatakan China adalah mitra dagang terbesar ASEAN, penguatan kerja sama antara China dan negara ASEAN menjadi hal yang penting.

 

"Setelah mengambil bagian dalam KTT China-ASEAN ke-26, KTT ASEAN Plus Tiga (APT) ke-26 yang mencakup China, Jepang, dan Korea Selatan, serta KTT Asia Timur ke-18, Perdana Menteri China akan berkunjung satu hari lagi pada Jumat untuk melakukan kunjungan resmi ke pejabat Indonesia," kata Wang Wenbin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement