Sabtu 02 Sep 2023 14:30 WIB

PKS Terkonfirmasi tak Hadir di Deklarasi Anies-Muhaimin, Hengkang?

Sebelumnya Nasdem, PKB, dan PKS mendukung pasangan Anies-Muhaimin.

Rep: C02 / Red: Teguh Firmansyah
Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.
Foto: Republika/Thoudy Badai-Prayogi
Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA–PKS dikabarkan absen deklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang dilangsungkan di Hotel Majapahit Surabaya, Sabtu (2/9/2023). 

Kabar tersebut dibenarkan oleh Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan, ketika dihubungi Republika melalui pesan WhatsApp, Sabtu (2/9/2023). "Iya pak. Tidak hadir," katanya singkat. 

Baca Juga

Pihaknya juga mengatakan Presiden PKS Ahmad Syaikhu juga dikabarkan tak akan menghadiri deklarasi lantaran akan ada konferensi pers DPP PKS di Jakarta. "Presiden PKS tidak hadir, Infonya ada konferensi pers di DPP," katanya. 

Di sisi lain, Waketum PKB Jazilul Fawaid mengungkapkan hanya ada 3 partai yang menghadiri deklarasi tersebut. Diantaranya PKB, Nasdem dan PKS. Namun, ia mengaku terbuka apabila ada partai lain yang ikut bergabung mendukung pasangan Anies-Cak Imin. 

"Kami hanya tiga partai saja yang akan hadir, ketua Umum Nasdem Surya Paloh sudah di Surabaya, Presiden PKS sedang dalam perjalanan ke Surabaya, kebetulan saya satu pesawat dengan sekjen PKS dan Ketua Umum PKB," katanya. 

"Kami tidak mengundang partai lain tapi kami terbuka jika ada partai lain untuk kemudian bergabung bersama pak Anies Baswedan Gus Muhaimin," katanya. 

Di sisi lain, Ketua PKB Muhaimin Iskandar atau akrab disapa cak Imin nampak telah tiba di lokasi deklarasi sekitar pukul 13.52 WIB. Ia mengenakan peci hitam serta baju putih. 

Cak Imin juga sempat memberikan tanggapan ketika ditanya bagaimana kabarnya oleh awak media. "Alhamdulillah (sehat)," katanya singkat. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement