Jumat 01 Sep 2023 18:04 WIB

Puluhan Mahasiswa UNM Lolos Seleksi Program MSIB 5 2023

MSIB merupakan program magang yang diadakan Kemendikbudristek.

Mahasiswa Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) lolos Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) 5 tahun 2023 yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI.
Foto: Dok. UNM
Mahasiswa Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) lolos Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) 5 tahun 2023 yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) lolos Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) 5 tahun 2023 yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI bekerja sama dengan mitra-mitra profesional. Banyak mahasiswa UNM yang lolos setelah melalui proses seleksi ketat dari mitra. Seleksi berupa tes teknis dan wawancara untuk program magang dan tes tertulis maupun tes Bahasa Inggris untuk Studi Independen. 

Ummu Radiyah selaku Kepala Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) mengatakan rincian mahasiswa yang lolos dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UNM program studi (prodi) Sistem Informasi tercatat ada 4 mahasiswa, dari prodi Informatika 26 Mahasiswa, dari prodi Sains Data 4 Mahasiswa. Sedangkan dari Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) prodi Bisnis Digital sebanyak 13 Mahasiswa dan prodi Manajemen sebanyak 1 mahasiswa yang lolos. 

Baca Juga

“Total ada 48 mahasiswa UNM yang lolos program MSIB 5. Program MSIB 5 ini bergabung dengan 18 mitra perusahaan besar di Indonesia,” katanya, melalui keterangan tertulis, Jumat (1/9/2023).

Perusahaan-perusahaan tersebut, antara lain PT Arkatama Multi Solusindo, PT Educa Sisfomedia Indonesia, PT Greatedu Global Mahardika, PT Hacktivate Teknologi Indonesia, PT Hendevane Indonesia, PT Kinema Systrans Multimedia, PT Marka Kreasi Persada, PT Orbit Ventura Indonesia, PT Presentologics , PT Rakamin Kolektif Madani, PT Revolusi Cita Edukasi, PT Techno International Mandira, Yayasan Sekolah Ekspor Nasional, PT Menara Indonesia, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Kurnia Ciptamoda Gemilang, PT Segara Artha Investama, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 

Mahasiswa yang lolos, ungkapnya, telah mengikuti kegiatan pelepasan Mahasiswa Program MSIB Angkatan 5 Tahun 2023 yaitu kegiatan Nasional Onboarding sekaligus pembekalan bagi seluruh peserta program pada Senin 14 Agustus 2023 pukul 13.00 – 14.40 WIB melalui online by zoom dan youtube Kemdikbud Ristek. 

“Setelah kegiatan ini mahasiswa langsung menjalani masa belajar dan magang di masing-masing mitra,” tegasnya.

Sementara itu, Muhammad Faisal, Kepala Nusa Mandiri Career Center (NCC) menjelaskan bahwa Mahasiswa UNM melakukan pendaftaran Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) ini pada link https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ yang dibuka pada 18 April s/d 10 Juli 2023 dengan melihat ketersediaan yang dibutuhkan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh PTN/PTS. 

“Selama mengikuti Program MSIB mahasiswa akan memperoleh rekognisi atau konversi maksimal 20 SKS, baik dalam Kompetensi Teknis (Hard Skill) maupun Kompetensi Non-Teknis (Soft Skill),” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement