Rabu 30 Aug 2023 13:54 WIB

Songsong Masa Depan Kewirausahaan, NSC Rutin Bina Mahasiswa di Bidang Startup

NSC menjadikan kewirausahaan sebagai fokus utama dengan membangun jiwa kreatif

Dukungan Kampus Digital Bisnis UNM melalui NSC tidak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk masa depan bisnis yang kompetitif, tetapi juga berperan dalam membangun ekosistem startup yang kuat dan berkelanjutan di Indonesia
Foto: Dok UNM
Dukungan Kampus Digital Bisnis UNM melalui NSC tidak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk masa depan bisnis yang kompetitif, tetapi juga berperan dalam membangun ekosistem startup yang kuat dan berkelanjutan di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Inovasi dan kewirausahaan telah menjadi pendorong utama perubahan di dunia ini. Di tengah perubahan yang cepat dan persaingan yang semakin ketat, Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) melalui lembaga Nusa Mandiri Startup Center (NSC) rutin memberikan pembinaan bisnis yang kokoh pada mahasiswa yang bercita-cita jadi pengusaha sukses di dunia startup.

Siti Nurlela selaku Kepala NSC mengatakan bahwa, demi menyongsong ekonomi kreatif maka perlu pembinaan yang kuat pada mahasiswa/i Kampus Digital Bisnis UNM yang berkomitmen ingin menjadi pengusaha sukses.

“Pendekatan pendidikan telah berubah secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Kini, universitas tidak hanya bertugas untuk memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan ekonomi global yang terus berkembang,” tegasnya dalam rilis yang diterima, Senin (28/8/2023). 

Untuk itulah, terangnya NSC menjadikan kewirausahaan sebagai fokus utamanya dengan tujuan membangun jiwa kreatif, inovatif dan mandiri di kalangan mahasiswa.

“NSC juga memiliki program pembinaan berbasis kolaborasi, ini penting untuk diakui bahwa kesuksesan dalam dunia startup tidak hanya bergantung pada ide yang brilian, tetapi juga pemahaman yang kuat tentang bisnis dan kemampuan mengelola tim serta sumber daya,” paparnya. 

Ia menjelaskan bahwa NSC menyediakan program pembinaan yang komprehensif dan berbasis kolaborasi untuk mahasiswa yang tertarik mengembangkan startup mereka sendiri.

Program-program yang dimiliki NSC mencakup, antara lain:

Pelatihan Bisnis: Mahasiswa diberikan pelatihan dalam aspek-aspek penting bisnis seperti perencanaan strategis, manajemen operasional, keuangan, pemasaran, dan pengembangan produk.

Sesi Pembinaan: Para ahli industri dan praktisi berbagi pengalaman mereka melalui sesi pembinaan. Mahasiswa mendapatkan wawasan berharga tentang tantangan yang mungkin mereka hadapi dan cara mengatasinya.

Pengembangan Keterampilan: Program ini juga fokus pada pengembangan keterampilan interpersonal, kepemimpinan, dan kerja tim yang penting dalam mengelola startup yang sukses.

Akses ke Jaringan: Nusa Mandiri Startup Center (NSC) menghubungkan mahasiswa dengan jaringan profesional yang luas, termasuk mentor, investor, dan mitra potensial. Ini membantu mahasiswa memperluas cakupan dan mendapatkan dukungan yang dibutuhkan.

“Keberhasilan mahasiswa menjadi prioritas utama kami dan tentu didukung oleh seluruh civitas akademika, sebab kami percaya bahwa setiap mahasiswa memiliki potensi untuk menjadi pengusaha yang sukses,” ungkap Siti Nurlela. 

Dengan bimbingan yang tepat dan dukungan yang kuat, secara tegas, NSC ingin membantu mahasiswa meraih mimpi dan menciptakan dampak positif dalam masyarakat.

“Dukungan Kampus Digital Bisnis UNM melalui NSC tidak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk masa depan bisnis yang kompetitif, tetapi juga berperan dalam membangun ekosistem startup yang kuat dan berkelanjutan di Indonesia,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement