Selasa 29 Aug 2023 19:23 WIB

TN Gede-Pangrango Tutup Pendakian ke Gunung Gede Melalui Pintu Cibodas

Dua pintu pendakian TN Gede-Pangrango lainnya masih dibuka.

Gunung Gede Pangrango
Foto: TAMAN NASIONAL GUNUNG GEDE PANGRANGO
Gunung Gede Pangrango

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menutup jalur pendakian Pintu Cibodas hingga batas waktu yang belum ditentukan. Sedangkan, dua pintu pendakian lainnya masih dibuka.

Kepala Balai TNGGP Sapto Aji Prabowo di Cianjur, Selasa (29/8/2023) mengatakan untuk pintu pendakian yang masih dibuka melalui Gunung Putri dan pintu pendakian Salabintana, Kabupaten Sukabumi, calon pendaki harus mendaftar secara daring dan tidak bisa langsung di tempat.

Baca Juga

"Penutupan khusus pintu pendakian Cibodas mulai diberlakukan hari ini, Selasa (29/8/2023), hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan," katanya.

Sedangkan alasan penutupan dilakukan karena adanya kerusakan fasilitas di jalur pendakian yang dilakukan penyedia jasa wisata alam Cibodas Resort, untuk perbaikan dan peningkatan pengelolaan dibutuhkan waktu, sehingga dilakukan penutupan sementara.

"Untuk peningkatan pengelolaan pendakian jalur Cibodas serta perbaikan kerusakan perlu dilakukan penutupan pendakian melalui Cibodas hingga batas waktu yang belum ditentukan," katanya.

Sedangkan calon pendaki yang sudah melakukan booking melalui website resmi Tanam Nasional Gede-Pangrango untuk melakukan pendakian ke Gunung Gede melalaui Pintu Cibodas akan dialihkan ke Pintu Gunung Putri.

Untuk mendapatkan informasi lebih jelas, tambah dia, calon pendaki dapat menghubung Call Center Balai Besar Tanam Nasional Gede-Pangrango. Terkait penutupan jalur pendakian sudah diberitahukan melalui surat edaran dan media sosial resmi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

"Kami meminta pendaki untuk mematuhi aturan pendakian yang berlaku dan tidak melakukan pendakian ilegal. Tidak lupa meminta pendaki tidak meninggalkan sampah di puncak atau di sepanjang jalur pendakian," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement