Senin 28 Aug 2023 17:38 WIB

Komunitas Nelayan Pesisir Ganjar Dorong Pelestarian Ekosistem Sungai di OKI Sumsel

Diharapkan dengan terjaga ekosistem sungai bisa mendorong melimpahnya tangkapan.

Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Sumatra Selatan kembali melakukan kegiatan positif untuk warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).
Foto: Dok. Web
Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Sumatra Selatan kembali melakukan kegiatan positif untuk warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

REPUBLIKA.CO.ID, OKI -- Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Sumatra Selatan kembali melakukan kegiatan positif untuk warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). KNP Sumsel terjun ke Dusun 1, Desa Bangsal, Kecamatan Pampangan, Kabupaten OKI, Sumsel. Dalam lawatannya, KNP mendapat antusiasme yang meriah dari warga setempat. 

Koordinator Wilayah KNP Sumsel Heldi Bagja mengatakan ada sejumlah agenda yang digelar untuk warga meliputi edukasi menangkap ikan ramah lingkungan. 

Baca Juga

Sebagai bentuk upaya mendorong penangkapan ikan ramah lingkungan, KNP Sumsel memberikan bantuan alat tangkap berupa jaring untuk meningkatkan produktivitas para nelayan dalam menangkap ikan di Sungai Pampangan. 

Bantuan jaring serta edukasi menangkap ikan ramah lingkungan menjadi penting dilakukan agar ekosistem sungai serta populasi ikan di dalamnya dapat terjaga dengan baik serta dapat dirasakan oleh generasi berikutnya. 

"Harapan untuk nelayan setempat setelah kami bantu hasil produksi atau tangkap ikan nelayan bertambah yang pertama. Yang kedua mereka dapat mengetahui sosok Pak Ganjar Pranowo itu seperti apa setelah kita jabarkan tadi," kata Bagja di lokasi, seperti dinukil pada Senin (28/8/2023). 

Bagja mengungkapkan, selain berprofesi sebagai nelayan, warga setempat juga memproduksi kemplang panggang. Ikan-ikan hasil tangkapan nelayan dijadikan camilan renyah khas bumi Sriwijaya itu. 

Dia berharap, dengan peningkatan produktivitas nelayan, terjaga ekosistem sungai serta melimpahnya tangkapan ikan dapat mendongkrak produksi rumahan kemplang sehingga berdampak pada perekonomian warga setempat.

Melalui kegiatan ini pula dukungan terhadap Ganjar Pranowo semakin diperkuat. Pasalnya, KNP Sumsel juga memperkenalkan tokoh 'berambut putih' serta sederet kinerjanya selama memimpin Jawa Tengah kepada warga setempat. 

Sebagai informasi, KNP Sumsel terus bergerak kontinyu menjaring aspirasi para nelayan di wilayah Sumsel. Di sisi lain, relawan Ganjar itu juga bakal melakukan berbagai program dan aksi nyata untuk membantu nelayan.

Sebelumnya, KNP di Jawa Timur juga telah mengajak para nelayan di kawasan Desa Sumberanyar, Kabupaten Probolinggo, selalu menjaga ekosistem laut sekaligus memberi bantuan berupa jaring untuk menangkap ikan.

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Timur yang diwakili Koordinator Lapangan Kabupaten Probolinggo Abdul Kahar menyampaikan nelayan juga berkomitmen menjaga kebersihan partai serta pelestarian sumber dayanya.

"Apalagi Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan cukup beragam. Sehingga harus selalu dijaga," ujarnya, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement