Jumat 25 Aug 2023 21:54 WIB

Pemkab Bogor Perkuat Kolaborasi Lindungi Hutan Kota Cibinong

Pemkab Bogor memperkuat kolaborasi untuk melindungi hutan Kota Cibinong.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Warga melintas di hutan kota Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pemkab Bogor memperkuat kolaborasi untuk melindungi hutan Kota Cibinong.
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Warga melintas di hutan kota Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pemkab Bogor memperkuat kolaborasi untuk melindungi hutan Kota Cibinong.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Untuk menjaga lingkungan Stadion Pakansari tetap asri dan hijau, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor perkuat kolaborasi dalam merawat Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau Hutan Kota Cibinong yang berada di area Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Salah satunya melalui pelaksanaan penyiraman yang dilakukan secara kolaborasi antara DPKPP, BPBD, dan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor supaya tanaman tetap segar.

Kabid Penanggulangan Pemadam Kebakaran Dinas Damkar Kabupaten Bogor Sudiyanta, menerangkan perawatan RTH di area Stadion Pakansari melalui penyiraman dilakukan dengan rutin setiap hari pada pagi dan sore. Bahkan dilakukan malam hari jika petugas telah selesai melaksanakan rescue jika ada kejadian kebakaran.

Baca Juga

"Kadang dua unit mobil damkar kita turunkan untuk melakukan penyiraman tanaman di RTH area Stadion Pakansari. Penyiraman ini biasa dilakukan oleh tiga petugas dan satu orang operator. Kita juga siram jalan-jalan yang berdebu yang ada di jalan Tegar Beriman ini, takutnya debunya makin banyak, takut mengganggu kesehatan,” ujar Sudiyanta, Jumat (25/8/2023).

Sementara itu, Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor Asep Sulaeman. menuturkan perawatan dilakukan secara kolaborasi dengan Damkar dan DPKPP Kabupaten Bogor. Untuk BPBD sendiri rutin melakukan penyiraman setiap akhir pekan, berdasarkan kesepakatan bersama mengingat banyaknya permintaan suplai air bersih akibat kekeringan.

“Sebelum banyak permintaan suplai air bersih dari masyarakat, kami rutin lakukan penyiraman setiap hari bergantian dengan DPKPP dan BPBD. Karena permintaan air bersih meningkat dari masyarakat, jadi kita bisa lakukan penyiraman hanya di Sabtu dan Minggu saja,” jelasnya.

Kabid PSU pada DPKPP Kabupaten Bogor Nunung Toyibah, mengatakan perawatan RTH di area Stadion Pakansari juga rutin dilakukan oleh pihak DPKPP setiap pagi dan sore sama halnya dengan Dinas Damkar Kabupaten Bogor. Untuk BPBD saat ini lebih fokus pada distribusi air bersih kepada masyarakat, sesuai dengan keputusan Bupati Bogor tentang darurat kekeringan di Kabupaten Bogor sehingga hanya di akhir pekan saja.

“Jika hasilnya kurang maksimal karena memang cuaca panas saat ini sangat ekstrem. Sehingga ada beberapa tanaman yang mati, tapi sudah kami tangani bersama,” ujar Nunung.

Menurutnya, ke depan perawatan RTH di area Stadion Pakansari ini akan dilakukan lebih optimal dengan melibatkan banyak perangkat daerah lainnya. Mulai dwri penyiraman, pemupukan, hingga pengamanannya.

“Agar pengamanan aset Pemkab Bogor melalui penghijauan ini bisa optimal, sehingga ke depannya lebih bermanfaat dalam menjaga lingkungan dan mengurangi beban udara yang cukup kurang baik seperti saat ini,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement