Kamis 24 Aug 2023 15:45 WIB

Ada Lirik ‘Papa dan Ayahku' di Youtube Kids Berbau LGBT, KemenPPA Angkat Bicara

KemenPPPA) telah bersurat kepada Youtube Indonesia agar ambil langkah tegas.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah
Simbol LGBT (ilustrasi).
Foto: MgRol112
Simbol LGBT (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) telah bersurat kepada Youtube Indonesia. Hal ini menyangkut cuplikan video lagu anak dengan judul 'Saat Kecelakaan Terjadi' di kanal YouTube Lellobee berbahasa Indonesia yang diduga mengandung unsur Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). 

"KemenPPPA telah mengirimkan surat resmi kepada Youtube Indonesia untuk segera mengambil langkah tegas" kata Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak KemenPPPA, Rini Handayani dalam keterangan pers pada Kamis (24/8/2023). 

Baca Juga

Rini menyebut KemenPPPA sudah menerima sejumlah laporan dan keluhan dari masyarakat tentang konten Youtube Kids. Aduan ini menyangkut kandungan unsur informasi yang tidak layak bagi anak Indonesia.  "Dalam hal ini dianggap jadi sarana mempromosikan LGBT," ujar Rini. 

Adapun potongan lirik yang viral dalam video yaitu "papa dan ayahku siap bantu”. Istilah ‘papa dan ayahku’ diduga netizen merujuk pada pasangan LGBT dan merupakan keluarga si anak. 

KemenPPPA menghimbau agar Youtube Indonesia dapat mengambil langkah berupa penghentian tayangan dengan konten informasi yang tidak layak anak pada YouTube Kids."Yaitu informasi yang mengandung unsur kekerasan, pornografi, radikalisme, termasuk LGBT dan informasi lain yang dapat meresahkan masyarakat," ujar Rini.

KemenPPPA lantas mendorong Youtube fokus pada program dan konten informasi layak anak yang edukatif, menimbulkan perasaan senang, bahagia, dan ceria yang bermanfaat bagi proses tumbuh kembang anak. 

"Kami juga meminta kepada pihak Youtube Indonesia agar meningkatkan proses seleksi dan kurasi terhadap konten-konten anak sebelum disajikan kepada masyarakat atau pengguna Youtube Kids," ujar Rini.

Sebelumnya, terdapat tayangan video kartun anak di Youtube Kids yang memperlihatkan seorang anak dengan dua ayah. Tayangan tersebut merupakan produksi Moonbug yang juga menghasilkan konten-konten anak, seperti Blippi dan Cocomelon.

Tayangan ini pun menjadi viral di media sosial dan dikomentari banyak warganet. Mayoritas warganet berkeberatan atas tayangan video kartun anak tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement