Rabu 23 Aug 2023 13:50 WIB

Bambang Pacul Kalah Nomor Urut Nyaleg dengan Cucu Megawati di Dapil Jateng

Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mendapatkan nomor urut 4 di Dapil Jawa Tengah IV

Rep: Febryan A/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto (Bambang Pacul)
Foto:

Menurut Titi, fenomena caleg nomor urut kecil banyak yang menang itu terjadi karena tiga hal. Pertama, pemilih kebingungan menentukan pilihan karena ada banyak sekali jumlah caleg. Dalam Pemilu 2024 di Dapil Jateng IV, misalnya, total terdapat 114 bakal caleg DPR RI yang diusung 18 partai politik.  
 
Pemilih semakin bingung menentukan pilihan karena Pemilu 2019 digelar serentak. Pemilih dihadapkan pada lima jenis surat suara sekaligus, mulai dari surat suara pilpres, pileg DPR RI, pemilihan anggota DPD, pileg DPRD provinsi, dan pileg DPRD kabupaten/kota. 
 
"Jumlah caleg yang sangat banyak dan disertai keserentakan pileg dan pilpres akhirnya membuat pemilih berpikir untuk mencoblos caleg pada nomor urut atas karena diasumsikan mereka adalah pilihan prioritas atau yang dianggap terbaik seperti dalam sistem perangkingan," kata Titi. 
 
Penyebab kedua, nomor urut atas menarik perhatian pemilih. Setelah pemilih menentukannya pilihan partai politiknya, biasanya pemilih akan langsung tertuju pada caleg nomor urut 1. 
 
Ketiga, partai politik kerap memproyeksikan caleg nomor urut 1 sebagai pengepul suara karena punya basis massa maupun punya banyak modal. Alhasil, caleg nomor urut 1 itu akan bekerja keras berkampanye meraih suara pemilih supaya partainya meraih kursi dan dirinya menjadi pemenang. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement