Kamis 17 Aug 2023 20:20 WIB

Pemerintah Dorong Universitas BSI Berpartisipasi dalam Pendidikan Tinggi

Peran kuliah dalam membentuk masa depan generasi muda diakui sangat penting.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) masih membuka pendaftaran hingga 4 September 2023.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) masih membuka pendaftaran hingga 4 September 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan partisipasi dalam dunia pendidikan tinggi melalui berbagai kegiatan sosialisasi dan penyuluhan tentang manfaat kuliah serta peluang karier yang dapat diakses dengan gelar sarjana.

Peran kuliah dalam membentuk masa depan generasi muda diakui sangat penting. Dengan pendidikan yang berkualitas, diharapkan para mahasiswa mampu memberikan kontribusi positif dalam pembangunan masyarakat dan bangsa.

Baca Juga

Namun, masih adakah kampus yang membuka pendaftaran mahasiswa baru? Jangan khawatir, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) masih membuka pendaftaran hingga 4 September 2023. Pendaftaran dapat diakses secara online tanpa harus datang langsung ke kampus. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://pendaftaran.bsi.ac.id atau unduh aplikasi PMB UBSI melalui Google Play Store.

Feri Prasetyo selaku Kepala kampus Universitas BSI kampus Pemuda, tantangan dalam dunia pendidikan tinggi belum sepenuhnya teratasi. Biaya kuliah yang tinggi masih menjadi isu utama bagi calon mahasiswa. “Untuk mengatasi hal ini, pemerintah dan beberapa perguruan tinggi telah menyediakan program beasiswa dan bantuan keuangan bagi mahasiswa berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi,” ujar Feri.

“Apakah biaya kuliah menjadi kendala dalam mendapatkan pendidikan? Tentu tidak, carilah kampus yang terdekat dengan tempat tinggal agar biaya kehidupan tidak terlalu besar,” ujarnya.

Ia mengatakan, Kampus Digital Kreatif Universitas BSI hadir dan tersebar di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bekasi, Karawang, Cikampek, Tangerang, Sukabumi, Tasikmalaya, Purwokerto, Tegal, Yogyakarta, dan Pontianak. “Berbagai pilihan program studi juga tersedia. Dengan banyaknya pilihan kampus, kamu bisa memilih yang paling dekat dengan tempat tinggal kamu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Universitas BSI juga membuka Program Beasiswa KIP dari pemerintah, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan yang setara bagi semua lapisan masyarakat, terutama mereka yang berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi rendah.

“Beasiswa ini mencakup biaya sekolah seperti uang sekolah, seragam, buku, dan uang saku, yang dapat membantu mengurangi biaya kuliah. Untuk mendaftar, unduh aplikasi PMB UBSI atau kunjungi website https://pendaftaran.bsi.ac.id, lalu akses Website KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Batas waktu pendaftaran adalah 14 Agustus 2023,” katanya.

Ia memaparkan, cara lain yang bisa dipertimbangkan adalah mencari perkuliahan kelas malam atau pada hari Jumat-Sabtu. Ini memungkinkan bekerja sambil kuliah, sehingga tidak memberikan beban biaya kuliah yang berlebihan pada orang tua.

“Dengan beberapa cara di atas, diharapkan calon mahasiswa bisa mendapatkan pendidikan yang terjangkau dan berkualitas di Universitas BSI,” tandasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement