Kamis 17 Aug 2023 11:01 WIB

Gubernur Khofifah: Lanjutkan Perjuangan Pahlawan dengan Jaga Kepercayaan Publik

Khofifah mengimbau semua pihak mensyukuri nikmat kemerdekaan.

 Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa
Foto: Dokumen
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa siap melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan menjaga kepercayaan publik internasional sebagaimana amanat Presiden Joko Widodo saat membacakan Pidato Kenegaraan pada 16 Agustus 2023.

"Tolong dijaga kepercayaan dunia kepada Indonesia yang sudah sangat bagus. Mari kita ikuti dengan penguatan kualitas SDM serta hilirisasi industri," ujar Khofifah saat memimpin apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) dalam rangka Peringatan HUT Ke-78 RI di Taman Makam Pahlawan 10 Nopember, Surabaya, Kamis (17/8/2023).

Baca Juga

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Gubernur Khofifah mengajak seluruh peserta AKRS yang terdiri atas TNI, Polri, siswa Pramuka, dan Kepala OPD Pemprov Jatim untuk mendoakan arwah para pahlawan yang bersemayam di TMP 10 Nopember.

Di tempat tersebut terdapat 3.859 makam dari TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil, dan pejuang. Selain itu, sebanyak 53 makam tidak dikenal namanya.

"Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami juga dan jalan kebaktian yang para pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga," kata Khofifah saat membacakan naskah AKRS.

Menurut Khofifah, penguatan kualitas sumber daya manusia (SDM) mutlak diperlukan agar mampu memanfaatkan bonus demografi menuju Indonesia Emas 2045.

"Penguatan kualitas SDM bisa dilakukan lewat berbagai upaya, seperti penurunan angka prevalensi stunting, melakukan reskilling dan upskilling tenaga kerja atau masyarakat usia produktif," tuturnya.

Selain itu, Gubernur Khofifah mengaku pihaknya telah membagikan sebanyak 1.000 bendera Merah Putih dan paket sembako kepada warga di Kota Surabaya.

Menurutnya, pembagian bendera Merah Putih dalam rangkaian peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI itu untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme warga.

"Sekaligus dibagikan paket sembako untuk meringankan beban ekonomi masyarakat," ujarnya.

Gubernur Khofifah menjelaskan kegiatan serupa juga digelar di berbagai daerah kabupaten/ kota wilayah Jatim untuk menyambut HUT ke- 78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement