Senin 14 Aug 2023 14:55 WIB

PKS Nilai Bergabungnya PAN dan Golkar ke Koalisi Prabowo Ciptakan Kontestasi Berimbang

PKS menilai peta koalisi pilpres menjadi semakin jelas.

Rep: Fauziah Mursid, Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Sekretaris Jenderal DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Aboe Bakar Alhabsyi.
Foto: Dok. DPR RI
Sekretaris Jenderal DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Aboe Bakar Alhabsyi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Al Habsyi, menyebut bergabungnya Partai Golkar dan PAN ke Koalisi yang mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024 akan menciptakan kontestasi yang beragam dan Berimbang. Hal ini karena bergabungnyanya kedua partai ini membuat peta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin jelas.

"Dengan bergabungnya Partai Golkar dan PAN ke dalam koalisi Prabowo, peta Pilpres semakin jelas. Dalam konteks ini, dapat diambil kesimpulan bahwa pada Pemilu 2024 nanti, akan ada tiga pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden," ujar Aboe Bakar Al Habsyi dalam keterangan yang diterima, Senin (14/8/2023).

Baca Juga

Aboe Bakar menekankan dukungan yang diberikan oleh Partai Golkar dan PAN kepada Prabowo adalah hak konstitusional yang harus dihormati. Hal ini kata dia, sebagai bagian dari proses demokrasi yang perlu dilakukan dengan penuh penghormatan. 

Sebab, menurutnya, setiap partai memiliki otoritas dan independensi untuk memilih pasangan calon Presiden dalam Pemilu. "Saya rasa kehadiran tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden cukup ideal. Kita perlu menghindari pengalaman kurang baik di Pemilu sebelumnya, di mana polarisasi masyarakat terjadi karena adanya dua pasangan calon. Kita tidak ingin mengulangi pengalaman tersebut," ujar Aboe Bakar.

Aboe Bakar berharap kehadiran tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada pemilu mendatang akan menciptakan kontestasi yang lebih seimbang dan beragam. Dia pun mengajak semua pihak untuk bersama-sama menciptakan suasana pesta rakyat yang membawa kegembiraan. 

"Nama 'pesta rakyat' harus diwujudkan dalam suasana yang membawa kebahagiaan bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

PAN bersama Golkar resmi bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024-2029. Acara deklarasi digelar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (13/8/2023).

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar hadir dalam acara tersebut. Selain itu, sejumlah petinggi partai ikut hadir. Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus, bersama Ketua DPD Partai Golkar Jabar, Tubagus Ace Hasan Syadzily, dan Dito Ganundito juga tampak hadir.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement