Sabtu 12 Aug 2023 17:08 WIB

Sambut HUT RI, Ganjaran Buruh Berjuang Gelar Festival UMKM se-Tegal Raya

Ratusan UMKM ini awalnya tidak terorganisir.

Festival Ganjaran Kemerdekaan digelar di lapangan Sungai Space, Yomani, Kec. Lebaksiu, Tegal, Jawa Tengah. Festival UMKM yang berlangsung mulai dari tanggal 10 hingga 17 Agustus 2023.
Foto: Dok. Web
Festival Ganjaran Kemerdekaan digelar di lapangan Sungai Space, Yomani, Kec. Lebaksiu, Tegal, Jawa Tengah. Festival UMKM yang berlangsung mulai dari tanggal 10 hingga 17 Agustus 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 dirayakan dengan semarak melalui Festival Ganjaran Kemerdekaan yang digelar di lapangan Sungai Space, Yomani, Kec. Lebaksiu, Tegal, Jawa Tengah. Festival UMKM yang berlangsung mulai dari tanggal 10 hingga 17 Agustus 2023 ini, diinisiasi oleh sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

Lebih dari 130 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari wilayah Tegal Raya turut serta dalam festival ini untuk memamerkan berbagai produk unggulan. Mulai dari makanan dan minuman khas Tegal seperti donat lumer Mama Dimas hingga pakaian dan kerajinan tangan. 

Baca Juga

Pembukaan Festival Ganjaran Kemerdekaan dipimpin oleh Wasekjend DPP GBB, Pribadie Utomo. Menurutnya, festival ini merupakan implementasi dari kepedulian GBB terhadap masyarakat, terutama para pelaku UMKM. 

"Dengan mengucapkan, Bismillahirrahmanirrahim, kami membuka Festival Ganjaran Kemerdekaan untuk UMKM se-Tegal Raya," kata Pribadie Utomo saat membuka acara. 

GBB juga terinspirasi oleh Ganjar Pranowo yang membawa Jawa Tengah meraih penghargaan sebagai provinsi dengan strategi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbaik untuk UMKM tingkat nasional. 

Menurut Pribadie, ratusan UMKM ini awalnya tidak terorganisir, dan GBB berinisiatif untuk mengkordinir mereka. Kemudian mereka diberikan pelatihan oleh DPC GBB Tegal Raya dalam hal marketing penjualan dengan menggunakan teknologi dan media sosial. 

"Dari pelatihan tersebut, berkembang menjadi Festival Ganjaran Kemerdekaan," ungkapnya. 

Ketua GBB Tegal Raya, M. R. Yusron, mengungkapkan bahwa festival ini bukan hanya sekadar perayaan, melainkan juga sebuah platform yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan juga momentum positif untuk menggerakkan aksi nyata demi kemajuan Indonesia.

Melalui beragam kegiatan yang dihadirkan dalam festival ini, diharapkan perekonomian Tegal akan semakin maju dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Alhamdulillah, ada 130 UMKM yang berpartisipasi dalam acara festival Ganjar Buruh Berjuang. Dengan adanya festival ini, diharapkan adanya juga peningkatan perekonomian di Tegal," ujar Yusron, yang juga Sekretaris FSB GARTEKS - KSBSI Tegal Raya. 

Dalam rangka memeriahkan festival, lebih dari 30 band lokal akan tampil menghibur para pelaku UMKM dan pengunjung. Selain itu, berbagai lomba perayaan 17 Agustus, sesi senam ceria, dan karaoke juga akan diselenggarakan untuk menghadirkan hiburan bagi para pengunjung. 

"Rangkaian acaranya ada hiburan, setiap malamnya akan ada penampilan dari band-band lokal, ada juga lomba-lomba seperti senam, karaoke dan tentunya lomba utama UMKM terbaik tahun 2023," kata dia. 

Para pelaku UMKM di Tegal menyambut baik Festival Ganjaran Kemerdekaan ini. Salah seorang pelaku UMKM, Lisa Heriyani mengaku acara ini bisa memberikan kesempatan untuk meningkatkan penjualan hingga mendapatkan pendapatan lebih dari penjualan biasanya.

"Alhamdulillah, senang berkesempatan mengikuti acara ini. Acara ini bagus sekali untuk meningkatkan pendapatan kita," ucap Lisa penjual minuman ini. 

Adapun, provinsi Jawa Tengah (Jateng) di mencetak hattrick penghargaan. Kali ini, Ganjar membawa Jateng meraih penghargaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Award tahun 2022.

Penghargaan dianugrahkan langsung oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Penghargaan tersebut telah diraih Ganjar sebanyak tiga kali, yakni KUR Award 2019, 2021, dan kini 2022.

“Terima kasih tentu kepada Kementerian Perekonomian, kita mendapatkan penghargaan tiga tahun berturut-turut dan sekarang kita mencoba untuk memasifkan kembali,” kata Ganjar usai acara Penganugrahan KUR Award 2022 di Pos Bloc, Sawah Besar, Jakarta Pusat, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement