Sabtu 12 Aug 2023 06:11 WIB

Sambut Piala Dunia U-17, Pemkab Bogor Ganti Rumput Stadion Pakansari

Anggaran Rp 1,9 miliar disiapkan juga untuk memperbaiki drainase Stadion Pakansari.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Pekerja melakukan renovasi pergantian rumput Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/8/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Pekerja melakukan renovasi pergantian rumput Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sedang mengganti rumput di Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Penggantian rumput itu akan berlangsung hingga Desember 2023.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Herdi Sukriadi, mengatakan, penggantian rumput itu sudah direncanakan sejak tahun lalu. Pemkab Bogor telah menyiapkan anggaran Rp 1,9 miliar untuk penggantian rumput dan perbaikan drainase Stadion Pakansari.

"Yang diperbaiki itu rumput beserta drainase. Hadi pembersihan saluran drainase di bawah lapangan, nanti kita akan tanam kembali rumput," kata Herdi kepada wartawan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/8/2023).

Herdi menyebutkan, jenis yang digunakan merupakan rumput Zoysia japonica atau rumput jepang. Rumput jenis itu memiliki ketahanan yang lebih baik dibanding Zoysia matrella yang digunakan sebelumnya.

Di samping itu, Herdi belum mengetahui apakah Stadion Pakansari akan digunakan sebagai lapangan cadangan dalam Piala Dunia U-17 2023. Sebab, pihaknya belum menerima informasi terkait keputusan tersebut baik dari FIFA maupun PSSI. "Kalau untuk cadangan kita juga belum tahu, karena keputusannya di FIFA dan PSSI," ucapnya.

Herdi pun berharap renovasi Stadion Pakansari bisa selesai sebelum Piala Dunia U-17 digelar pada November 2023. Melihat dari target yang ada, sambung dia, penggantian rumput dan perbaikan drainase baru selesai pada awal Desember.

Terlebih, rumput yang digunakan saat ini dirawat secara alami. Sehingga diharapkan rumput bisa tumbuh alami lebih cepat dan baik, lalu Stadion Pakansari bisa digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023.

"Kalau memang untuk cadangan, mudah-mudahan saat Piala Dunia sudah bisa digunakan. Tapi kalau melihat dari rencana kerja kita, kemungkinan ini baru selesai di sekitar awal Desember," jelas Herdi.

Diberitakan jika Pemkab Bogor telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 1,9 miliar untuk memperbaiki rumput Stadion Pakansari. Selain mengganti rumput, sistem drainase di stadion tersebut juga ikut diperbaiki.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Asnan mengatakan, sejak diresmikan dan beroperasi pada 2016, rumput Stadion Pakansari belum pernah diganti sama sekali. Sehingga, saat ini stadion kerap banjir, terlebih saat hujan turun.

Meski demikian, stadion yang berkapasitas 30 ribu penonton itu, masih digunakan sebagai home base Persikabo 1973 dalam mengarungi Liga 1. Rumput baru yang akan digunakan berjenis Zoysia japonica atau lebih dikenal dengan rumput jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement