Jumat 11 Aug 2023 11:10 WIB

Viral Ketua Badan Timnas Murka Ada Pemain Ditahan Klub Padahal Shin Tae-Yong Santai Saja

Shin Tae-Yong malah menilai Piala AFF U-23 merugikan liga dan meminta ditiadakan.

Pelatih Timnas Indonesi Shin Tae-Yong (tengah) memberikan pengarahan kepada pesepakbola Timnas U-23 saat latihan di Lapangan A, Senayan, Jakarta, Kamis (10/8/2023). Timnas U-23 melaksanakan latihan perdana jelang Piala AFF U-23 2023 yang dihadiri 17 pemain dan enam pemain absen.
Foto:

Berbeda dengan Sumardji, Shin Tae-yong menanggapi santai soal ada sejumlah pemain yang belum bergabung ke pmusatan latihan. Ia memahami kendala yang dihadapi klub-klub untuk melepas sejumlah pemainnya untuk bergabung mengikuti pemusatan latihan jelang Piala AFF U-23. 

"Saya bisa mengerti dari pelatih klub-klub seperti apa, karena mempunyai target masing-masing dan prestasi di liga, apalagi pemain yang dipanggil merupakan pemain inti di tim mereka," kata pelatih Shin usai memimpin latihan di Lapangan Latihan A komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis. 

Piala AFF U-23 akan berlangsung pada 17-26 Agustus. Pada periode tersebut, klub-klub masih menjalani kompetisi Liga 1 reguler. 

Dengan situasi yang dihadapi saat ini, Shin memilih untuk fokus pada persiapan tim saja. Apalagi menurut pria asal Korea Selatan itu, pemusatan latihan juga dilakukan untuk mencari pemain untuk ajang kualifikasi Piala Asia U-23.

"Saya tidak mau stres karena pemain yang belum datang, persiapan ini akan fokus ke kualifikasi Piala Asia U-23 September, dengan pemain yang ada saya akan coba memaksimalkan, dan akan cari juga pemain yang baru untuk kualifikasi Piala Asia U-23," ujar mantan pelatih timnas Korea Selatan itu.

Dengan waktu persiapan yang mepet, Shin lebih mengintensifkan latihan organisasi, dan sedikit menurunkan tensi latihan fisik. Selain itu, Shin mengakui bahwa dirinya juga belum mempelajari kemampuan terkini timnas Malaysia dan Timor Leste, yang akan dihadapi timnas Indonesia di Grup B Piala AFF U-23.

Terakhir, Shin memiliki pendapat pribadi tentang kompetisi Piala AFF U-23, yang dinilainya justru akan mengganggu jalannya kompetisi Liga 1. "Pemain-pemain U-23 itu pasti banyak yang bermain di Liga 1 dan tim inti juga di klub mereka masing-masing. Dengan adanya turnamen AFF U-23 ini ya sebenarnya merugikan liga dan mengganggu perkembangan sepak bola sebuah negara," tutur Shin.

"Untuk U-20 oke karena mereka memang harus banyak bertanding, agar bertambah pengalaman di turnamen-turnamen internasional. Tetapi untuk U-23 saya berharap tidak ada lagi untuk ke depannya," imbuhnya.

Di ajang Piala AFF U-23 2023. Indonesia menghuni Grup B di ajang tersebut bersama Malaysia dan Timor Leste.  Indonesia akan memainkan pertandingan melawan Malaysia pada 18 Agustus.

Pada pertandingan selanjutnya yang dimainkan pada 20 Agustus, Indonesia akan bertemu Timor Leste. Kedua pertandingan fase grup itu akan dimainkan di Stadion Rayong Province Central, Provinsi Rayong.

Berikut daftar nama 23 pemain yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan timnas U-23:

1. Amiruddin Bagas - Barito Putera

2. Muhammad Adisatryo - PSIS Semarang

3. Arkhan Fikri - Arema FC

4. Kadek Arel - Bali United

5. Muhammad Ragil - Bhayangkara Presisi FC

6. Komang Teguh - Borneo FC

7. Jeam Kelly - Persik Kediri

8. Muhammad Fajar - Borneo FC

9. Daffa Fasya - Borneo FC

10. Salim Akbar - Madura United

11. Ernando Ari - Persebaya Surabaya

12. Beckham Putra - Persib Bandung

13. Robi Darwis - Persib Bandung

14. Frengky Missa - Persikabo Kabupaten Bogor

15. Muhammad Ferarri - Persija Jakarta

16. Rizky Ridho - Persija Jakarta

17. Rifky Dwi - Persita Tangerang

18. Muhammad Dzaky - PSM Makassar

19. Irfan Jauhari - Persis Solo

20. Muhammad Ramadhan Sananta - Persis Solo

21. Abdul Rahman - Rans Nusantara

22. Esal Sahrul - Persita Tangerang

23. Alfeandra Dewangga - PSIS Semarang

 

photo
Piala Dunia U-17 digelar di Indonesia mulai 10 November 2023 sampai 2 Des 2023. - (Dok Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement