Rabu 09 Aug 2023 22:19 WIB

Cegah Stunting Lewat Peningkatan Kualitas Pengasuhan Anak  

Program penurunan stunting Tanoto Foundation adalah pengasuhan anak usia dini.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pencegahan stunting.
Foto:

Lebih lanjut, Eddy menjelaskan, dalam upaya percepatan penurunan stunting, diperlukan perbaikan tidak hanya pada pola makan serta pola hidup bersih dan sehat, tapi pola asuh merupakan hal yang krusial. 

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, hadir untuk meresmikan Rumah Anak SIGAP di Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, itu. Menurut dia, Rumah Anak SIGAP dan Rumah Pelita akan menjadi contoh, menjadi salah satu legacy dalam dalam program pengasuhan anak usia 0-3 tahun dan penurunan angka stunting di Kota Semarang.

"Kolaborasi ini adalah wujud nyata semangat Semarang Bergerak Bersama untuk memajukan Kota Semarang. Diharapkan, setelah diresmikan, Rumah Anak SIGAP dan Rumah Pelita akan siap memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya kelurahan Bandarharjo dan umumnya masyarakat Kecamatan Semarang Utara," tutur dia.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis, penyakit infeksi berulang, dan kurangnya stimulasi psikososial yang terjadi sejak janin dalam kandungan sampai usia dua tahun atau 1.000 Hari Pertama Kehidupan. 

Sebelumnya, pada Juli tahun 2022 Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meresmikan Rumah Anak SIGAP di Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes. Sementara pada Februari 2023, Bupati Tegal Umi Azizah meresmikan Rumah Anak SIGAP di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. 

Terdapat empat Rumah Anak SIGAP yang menjadi kolaborasi Tanoto Foundation bersama Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yaitu di Kota Semarang, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Tegal.

 

Selain Rumah Anak SIGAP, program Tanoto Foundation di Jawa Tengah meliputi peningkatan kapasitas pemerintah Kabupaten/Kota melalui strategi Komunikasi Perubahan Perilaku (KPP) serta peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dan Tim Pendamping Keluarga. Kerja sama Tanoto Foundation dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan berakhir pada tahun 2025.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement