Rabu 09 Aug 2023 23:03 WIB

Survei Elektabilitas yang Terus Meningkat dan Harapan Warga kepada Prabowo

Gerindra berharap PSI mendukung Prabowo jadi calon presiden.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erdy Nasrul
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto didampingi elite kedua partai menyapa wartawan sebelum melakukan pertemuan di Kantor DPP PSI, Jakarta, Rabu (2/8/2023).  Pertemuan silahturahmi tersebut membahas hal-hal isu politik diantaranya terkait Pemilu dan Pilpres 2024.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto didampingi elite kedua partai menyapa wartawan sebelum melakukan pertemuan di Kantor DPP PSI, Jakarta, Rabu (2/8/2023). Pertemuan silahturahmi tersebut membahas hal-hal isu politik diantaranya terkait Pemilu dan Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Meskipun Pemilu 2024 masih tujuh bulan lagi, masyarakat terlihat semakin antusias menyuarakan pilihan politiknya. Mereka berharap ajang pesta demokrasi itu melahirkan pemimpin yang meneruskan pembangunan yang sudah berjalan.

Masyarakat di Jember, Jawa Timur (Jatim) menilai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merupakan Calon Presiden (Capres) yang paling besar hati dan ikhlas untuk mengabdi kepada negara dan bangsa Indonesia. Prabowo adalah salah satu sosok teladan bagi berbagai lapisan masyarakat. 

Baca Juga

“Masyarakat menilai Pak Prabowo adalah sosok pemimpin yang ikhlas,” kata Tokoh Masyarakat Jember, Abdul Hamid pada Selasa (8/8). 

Abdul melanjutkan, Prabowo merupakan sosok panutan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sepak terjang dalam dunia politik Tanah Air memang tidak bisa diragukan lagi. 

Terlebih ia berbesar hati untuk masuk ke dalam kabinet Presiden Jokowi kendati kalah pada Pilpres 2019 silam. 

“Terbukti dua kali dia bertarung di Pilpres meskipun kalah tapi dengan jiwa dan hati besarnya ia mau untuk bahu membahu membangun bangsa Indonesia serta masuk ke dalam kabinet Bapak Jokowi,” ujar Abdul. 

Kebesaran hati Prabowo untuk masuk ke dalam gerbong pemerintahan Presiden Jokowi dinilai banyak pihak sebagai langkah besar. Bagaimana tidak, hal itu disinyalir bisa meredam konflik berkepanjangan pasca Pilpres 2019 silam. 

Selain itu, adapun dampak signifikan yang diterima oleh Prabowo adalah peningkatan daya elektabilitasnya menjelang Pilpres 2024 mendatang. Dari hasil survei yang dilakukan lembaga survei Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023, Prabowo berhasil meraih suara terbanyak. 

Ketum Gerindra itu berhasil mengantongi dukungan sebanyak 36,8 persen, disusul Capres PDIP, Ganjar Pranowo dengan dukungan 35,7 persen dan Capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan yang hanya mampu meraup suara 21,5 persen. Maka dari itu, Abdul juga meyakini hanya Prabowo Capres yang akan melanjutkan program-program dari Presiden Jokowi ke depan. 

Ia melihat komunikasi baik yang dibangun antara Presiden Jokowi dan Prabowo menjadi sinyal penerus estafet kepemimpinan Indonesia ke depan.

“Kami melihat Bapak Prabowo dalam hal ini karena sering dengan Bapak Jokowi tentunya komunikasi juga sangat baik kedepan. Harapan masyarakat program-program Bapak Jokowi bisa dilanjutkan oleh Pak Prabowo,” pungkasnya.

Dukungan

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani meyakini Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi calon presiden di pilpres 2024. Ia menyebut bahwa PSI tegak lurus bersama Jokowi.

"Tegak lurus sama Pak Jokowi berarti ya kira-kira PSI insyaallah dukung Pak Prabowo," kata Muzani di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Terkait tudingan terhadap Prabowo yang dinilai tengah mencari dukungan dari PSI, Muzani menilai hal itu wajar dilakukan. Karena Prabowo merupakan calon presiden di pilpres 2024.

Sehingga ketika Prabowo mendatangi sebuah partai politik, diharapkan parpol tersebut bisa memberikan dukungannya, termasuk PSI.

"Pak Prabowo itu calon presiden. Ketika datang ke partai politik pasti harapannya partai yang kita datangi bisa memberikan dukungan. Tidak terkecuali Partai Solidaritas Indonesia," ujarnya.

"Kedatangan kami ke PSI harapannya PSI bisa memberikan support dukungan bagi pencalonan Pak Prabowo sebagai calon presiden," lanjut dia.

Muzani pun berharap PSI bisa segera mengambil keputusan terkait dukungannya terhadap calon presiden yang akan diusungnya.

"Mudah-mudahan kami tidak bertepuk sebelah tangan. Pada waktu yang tidak terlalu lama PSI akan segera mengambil keputusan tentang calon presiden yang akan diusungnya," ucap Muzani.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement