Selasa 08 Aug 2023 13:08 WIB

Novel Baswedan Yakin Harun Masiku tidak akan Ditangkap Sekarang, Ini Alasannya

Harun Masiku diduga saat ini berada di Indonesia.

Rep: Flori Sidebang / Red: Andri Saubani
Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan.
Foto:

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menegaskan, KPK serius mencari keberadaan Harun Masiku dan dua buronan kasus korupsi lainnya. Keseriusan ini, jelas dia, dibuktikan dengan menjalin kerja sama dengan pihak Polri.

"Kami terus lakukan pengejarannya tentu dibantu oleh Hubinter (Polri). Ini untuk memperkuat kembali pencarian-pencarian itu karena kami sangat serius untuk menyelesaikan perkara dimaksud," ungkap Ali, kemarin.

Di samping itu, KPK juga meminta bantuan masyarakat yang mengetahui keberadaan Harun Masiku agar melaporkan ke aparat penegak hukum. Sehingga informasi tersebut bisa ditindaklanjuti.

"Kalau ada (informasi), pasti kami tindak lanjuti. Pencarian secara aktif pasti kami lakukan," tegas Ali.

Harun Masiku merupakan salah satu dari tiga tersangka korupsi KPK yang belum tertangkap. Dia merupakan eks calon legislatif PDIP yang menyuap mantan Wakil Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan terkait Penetapan Anggota DPR RI terpilih 2019-2024 di KPU. Harun Masiku masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak 17 Januari 2020. 

Berdasarkan data yang dihimpun Republika, setidaknya KPK tiga kali melacak keberadaan Harun Masiku di luar negeri. Bahkan, lembaga antirasuah ini sempat mengirimkan tim ke luar negeri untuk mengecek kebenaran informasi mengenai lokasi Harun.

"Terkait dengan saudara HM (Harun Masiku) yang DPO ya, ini sekitar satu bulan yang lalu, tim kami kirim ke salah satu negara tetangga dan melakukan pengecekan karena memang ada informasi saudara HM itu di sana," kata Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur pada 6 Juli 2023.

"Memang ada informasi saudara HM itu di sana, ada di masjid, kami sudah cek di sana, ada juga yang bilang dia itu ada di gereja, kita sudah cek di sana, ada juga yang tinggal di apartemen, kami sudah cek ke sana," ucap Asep menjelaskan.

Asep enggan menerangkan lebih rinci mengenai lokasi negara tempat Harun melarikan diri. Dia hanya menyebutkan, KPK bekerja sama dengan aparat keamanan setempat untuk menelusuri keberadaan Harun berdasarkan informasi yang diterima. 

Meski demikian, Asep mengungkapkan, penelusuran itu tidak membuahkan hasil. Pasalnya, penyidik gagal menemukan keberadaan Harun. Dia memastikan, KPK akan terus mencari dan mengejar Harun.

 

photo
Harun Masiku hingga kini masih buron. - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement