Selasa 08 Aug 2023 01:55 WIB

Megawati Ingin Pendataan Bibit Tanaman Dilakukan Detail

Pendataan bibit tanaman di Indonesia yang perlu dilakukan secara detail.

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Teknologi Nasional (BRIN) Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri menyoroti tentang pendataan bibit tanaman di Indonesia
Foto: istimwwa
Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Teknologi Nasional (BRIN) Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri menyoroti tentang pendataan bibit tanaman di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Teknologi Nasional (BRIN) Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri menyoroti tentang pendataan bibit tanaman di Indonesia yang perlu dilakukan secara detail.

Dia tidak ingin bibit tanaman, khususnya anggrek, mudah diperjualbelikan kepada pihak asing. BRIN diharapkan bisa berperan dalam pendataan bibit tumbuhan.

Baca Juga

Megawati mengatakan itu saat mengunjungi Rumah Kaca Kaktus dan Rumah Anggrek yang berada di lingkungan Kebun Raya Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali, Senin (7/8/2023).

Pernyataan Megawati itu terungkap saat didampingi Kepala BRIN Laksana Tri Handoko meninjau beragam bibit tanaman di Rumah Kaca Kaktus dan Rumah Anggrek.

"Kalau ada orang asing yang ambil, harus diomongkan ke sini (menepuk pundak kepala BRIN). Ndak ada langsung jual beli di sini,” kata Megawati.

Megawati saat berada di Rumah Kaca Kaktus dan Rumah Anggrek juga terlihat memperhatikan sebuah tanaman yang berada di pot. 

Seorang peneliti kemudian menuturkan tanaman yang diperhatikan Megawati berasal dari Vietnam, meski sebaran tumbuhan yang sama banyak ditemukan di Sumatra. 

"Ini asal Vietnam, tetapi sebarannya ada di Sumatra. Bunganya harum. Ini yang saya sedang kerjakan, tetapi baru ditelusuri, sebarannya ada di Sumatra," kata peneliti tersebut di lokasi, Senin.

Megawati tampak tidak terima ketika tanaman disebut berasal dari Vietnam. Terlebih lagi, sebaran tumbuhan yang sama banyak ditemukan di Sumatra.

"Oh, ada begitu? Jangan ngomong itu dari Vietnam, kalo begitu" kata putri Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno itu.

Diketahui, Megawati berada di Rumah Kaca Kaktus dan Rumah Anggrek dalam kunjungan kerja jajaran BRIN ke Kawasan Sains dan Teknologi, Kebun Raya Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali, pada Senin.

Presiden Kelima RI itu disambut oleh Gubernur Bali I Wayan Koster, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya hingga Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. 

Sebelum Megawati hadir, sejumlah Dewan Pengarah BRIN telah terlebih dahulu tiba. Yakni Wakil Ketua Dewan Pengarah BRIN Sri Mulyani dan Suharso Monoarfa. Lalu, Anggota Dewan Pengarah BRIN Prof. Emil Salim dan Bambang Kesowo.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dan Wakil Kepala BRIN Laksamana Madya (Laksdya) Amarulla Octavian juga terlihat hadir di lokasi acara.

Saat rombongan selesai meninjau dan melintas di jalan di area kebun raya, sejumlah pengunjung yang menyadari kunjungan Megawati dan rombongan ke kebun raya berteriak memanggil nama Megawati sambil melambaikan tangan. Megawati membalas dengan senyumannya dari buggy car.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement