Ahad 06 Aug 2023 17:05 WIB

Pemprov DKI Jakarta Sediakan Rumah Sehat Bagi Warga di Jakarta Barat

Program hunian layak bagi warga, sinergi antara Pemprov DKI dan Buddha Tzu Chi.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Andri Saubani
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Dalam rangka menyediakan hunian layak bagi warga, Pemprov DKI Jakarta bersinergi dengan Yayasan Buddha Tzu Chi menyelenggarakan program perbaikan rumah yang pencanangannya dilakukan hari ini (6/8/2023) di Jalan Kemanggisan Pulo I, Palmerah, Jakarta Barat. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan usai ditata kawasan permukiman akan lebih rapi dan memenuhi standar permukiman sehingga penduduk dapat tinggal dengan nyaman dan sehat. 

"Kalau sudah direvitalisasi, maka secara tidak langsung sanitasi, sarana prasarana, situasi kondisi, seperti matahari bisa masuk. Hal itu secara tidak langsung dapat meningkatkan kesehatan warga dan mengurangi stunting," kata Heru dalam keterangannya pada Ahad (6/8/2023).

Baca Juga

Ia mengimbau kepada pemilik rumah untuk menjaga kebersihan kawasan yang sudah ditata. 

"Saya minta yang dapat revitalisasi jaga kebersihan, kesehatan, dan jaga anak-anaknya, titip RT/RW pemilik rumah wajib tunjukkan jaga kebersihan. Kalau ini bisa jadi contoh yang baik, kita bisa lanjut ke daerah lain. Minggu depan akan ke wilayah Jaksel, Timur, lalu Pusat, lalu kembali lagi ke Jakbar," kata dia.

Sementara itu, salah satu warga penerima manfaat revitalisasi permukiman di Palmerah, Nurhadi mengatakan rasa terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta serta Yayasan Buddha Tzu Chi yang telah memperhatikan kondisi warga yang membutuhkan hunian layak.

"Terima kasih saya ucapkan kepada Pak Heru dan jajarannya, bahwa dengan adanya program perbaikan dan penataan ini, mudah-mudahan bisa berjalan lancar dan bisa mengubah kehidupan kami yang sebelumnya sumpek, nanti bisa sehat, nyaman, dan harmonis. Mudah-mudahan yang membantu dapat keberkahan dari Allah SWT," kata Nurhadi.

Diketahui, program perbaikan rumah ini merupakan usulan Wali Kota/Bupati yang kemudian ditindaklanjuti dengan pendataan dan sosialiasi awal kepada warga calon penerima manfaat oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta. 

Program ini akan dilaksanakan di kawasan Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, di kawasan Kalibaru, Jakarta Utara, di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan, di kawasan Pulogebang, Jakarta Timur dan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu. Pada proses perencanaannya akan dilaksanakan secara kolaboratif antara perencana dengan masyarakat penerima manfaat. Sehingga fisik hunian sesuai dengan kebutuhan dan tetap mengacu pada standar teknis rumah sehat. 

Setelah perbaikan rumah di satu lokasi terselesaikan, selanjutnya akan dilaksanakan juga penataan prasarana, sarana dan utilitas umum di lingkungan tersebut yang telah dianggarkan melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemprov DKI Jakarta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement