Sabtu 05 Aug 2023 14:20 WIB

Relawan Nelayan Balad Ganjar Resmikan Bengkel Kapal dan Serahkan Peralatan Perbaikan Kapal

peralatan bengkel mesin kapal di Batukaras, sudah tidak mumpuni lagi.

Para nelayan melakukan aktivitas di bengkel nelayan, Batukaras, Pangandaran, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
Para nelayan melakukan aktivitas di bengkel nelayan, Batukaras, Pangandaran, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Pemerintahan Presiden Joko Widodo menaruh perhatian tinggi kepada nelayan. Seperti dilansir dari Antara, Sabtu (5/8/2023), Kementerian Kelautan dan Perikanan telah membentuk Program Kampung Nelayan Maju dan Kampung Perikanan Budidaya pada tahun 2022 untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem di wilayah pesisir.

Berangkat dari hal itu, relawan Nelayan Balad Ganjar mendorong rekan-rekan seprofesinya di Batukaras, Pangandaran, Jawa Barat untuk bisa berkembang dan maju. 

Baca Juga

Wakil Koordinator kelompok relawan Nelayan Balad Ganjar Batukaras, Sungkowi mengatakan, peralatan bengkel mesin kapal di Batukaras, sudah tidak mumpuni lagi, sehingga untuk memperbaiki mesin kapal para nelayan yang rusak tidak dapat dilakukan, akibatnya para nelayan di Batukaras harus pergi jauh ke Pangandaran jika ingin servis besar mesin kapal mereka yang rusak, hal tersebut membuat ongkos perjalanan dan perbaikan jadi lebih besar. 

"Relawan Nelayan Balad Ganjar berinisiatif memberikan bantuan peralatan bengkel mesin kapal kepada para nelayan di Batukaras agar mereka tidak perlu jauh-jauh lagi ke Pangandaran untuk memperbaiki mesin kapalnya yang rusak," kata Sungkowi.

 

Dengan demikian, peralatan yang sudah lengkap, berupa mesin press, compressor listrik, mesin las, dan peralatan lainnya, saat ini bengkel bisa menerima servis berat. 

"Nantinya bengkel sumbangan dari Relawan Balad Ganjar ini juga akan mempekerjakan para nelayan di Batukaras untuk menjadi karyawan/montir di bengkel ini," lanjut Sungkowi.

Peresmian bengkel Nelayan Balad Ganjar Batukaras disertai servis gratis bagi nelayan di wilayah Batukaras. "Kebanyakan nelayan mengalami kerusakan di bagian karburator dan propiler biasanya cepat habis, harganya lumayan mahal. Tapi dengan adanya bengkel ini, bantuan yang diberikan sangat membantu kami," ucap Sungkowi.

"Mudah-mudahan bisa memberikan perhatian terus kepada nelayan dan memberikan bantuan yang bermanfaat lainnya seperti jaring dan mesin kedepannya," ujar Sungkowi.

Sebelum memberikan bantuan bengkel mesin kapal, Nelayan Balad Ganjar telah melakukan deklarasi untuk Ganjar bersama ratusan masyarakat di Batukaras. Deklarasi tersebut menuai tanggapan positif dari nelayan. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement