Jumat 04 Aug 2023 20:55 WIB

Relawan Santri Ganjar Ajak Jamaah Majelis Taklim Jaga Ekosistem Laut di Pesisir Tanggamus

Kegiatan ini bertujuan menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan.

Aksi ekosistem pesisir dan laut di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.
Foto: Dok. Web
Aksi ekosistem pesisir dan laut di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGGAMUS -- Kelompok relawan Santri Lampung meluaskan aksi kebermanfaatannya. Bukan hanya pada bidang keagamaan, tapi juga di bidang lingkungan hidup. Mereka mengadakan sosialisasi untuk menjaga ekosistem pesisir dan laut di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. 

Peserta sosialisasi merupakan para jamaah majelis taklim yang berbasis di daerah sekitar pesisir Desa Kiluan Negeri. Koordinator Wilayah SDG Lampung Yafril Mahesa menjelaskan, kegiatan ini bertujuan menanamkan rasa kepedulian kepada masyarakat agar lebih peduli pada ekosistem laut dan pesisir. 

Baca Juga

"Kami berinisiatif mengadakan kegiatan menjaga ekosistem, membersihkan pantai, dan sosialisasi kepada masyarakat majelis di Tanggamus, supaya masyarakat peduli menjaga lingkungan, bahwa laut itu perlu kita jaga kebersihannya," kata Yafril, seperti dilansir pada Jumat (4/8/2023)? 

Dalam sosialisasi tersebut, para warga diimbau agar tidak membuang segala jenis limbah ke laut, tidak menggunakan alat pancing yang berpotensi merusak lingkungan, hingga imbauan agar tidak menangkap hewan laut secara berlebihan.

Selain sosialisasi, mereka mengajak para jamaah untuk bergotong royong membersihkan sampah yang ada di area pesisir Desa Kiluan Negeri. Lebih lanjut, Yafril menjelaskan bahwa menjaga kebersihan laut dan pesisir adalah tanggung jawab bersama. Terlebih SDG sebagai relawan berbasis santri ini menyatakan bahwa kebersihan merupakan bagian dari keimanan. 

"Kalau kita bisa menjaga kebersihan, itu kan sebagian daripada keimanan," ucapnya. 

Dia juga berharap, dengan pantai dan laut yang bersih, dapat meningkatkan kenyamanan masyarakat pesisir dalam segala aktivitasnya. 

"Jadi sebagus kita menjaga lingkungan, supaya airnya terjaga, udaranya sehat, dan masyarakat (pesisir) enak menyelesaikan pekerjaan, dan aktivitasnya, baik itu aktivitas indah maupun mengais rezekinya," kata Yafril. 

Selain itu, dengan terjaganya ekosistem pesisir dan laut, hal ini juga bisa mendorong hadirnya wisatawan yang datang. Terutama banyak pesisir di Lampung, disebut Yafril telah menjadi objek wisata bahari. 

"Karena memang di Lampung ini banyak wisata-wisata pantainya, pentingnya kebersihan itu salah satunya agar mendorong majunya UMKM-UMKM di pesisir pantai," sebutnya. 

Relawan SDG Lampung pun dijelaskan Yafril akan terus menggelar kegiatan bermanfaat lain di wilayah Lampung lainnya 

"Selain nanti ada doa bersama, kita akan fokus pada kegiatan membantu UMKM masyarakat dan UMKM milik majelis taklim dan ponpes," kata dia.

Sebelumnya, kegiatan serupa juga digelar SDG ketika memberilan pelatihan kewirausahaan dan menanam bibit pohon bersama komunitas pemuda, di Desa Samhurang, Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan.

"Dalam kegiatan kegiatan pelatihan kewirausahaan dan menanam bibit pohon bersama komunitas pemuda tersebut, kami Santri Dukung Ganjar menggandeng Karang Taruna Muda Jaya," ujar Korwil Santri Dukung Ganjar Kalimantan Selatan Rizali, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement