Sabtu 29 Jul 2023 14:01 WIB

Bersama Warga Kemuning Bersholawat di Tangerang, Gardu Ganjar: Untuk Pemilu Damai

Kegiatan ini dalam rangka berdoa bersama untuk masyarakat Indonesia.

Bertajuk Kemuning Bersholawat, para warga Desa Kemuning, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten berdoa dan berdzikir dalam rangka mensyukuri tahun baru Islam 1445 Hijriah.
Foto: Dok. Web
Bertajuk Kemuning Bersholawat, para warga Desa Kemuning, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten berdoa dan berdzikir dalam rangka mensyukuri tahun baru Islam 1445 Hijriah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Bertajuk ‘Kemuning Bersholawat’, para warga Desa Kemuning, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten berdoa dan berdzikir dalam rangka mensyukuri tahun baru Islam 1445 Hijriah. Tampak warga, tokoh masyarakat, kiai dan ulama yang ada di Banten berbondong-bondong hadir dalam acara tersebut.

Dewan Penasehat Kelompok relawan Gerakan Rakyat Desa Untuk (Gardu) Ganjar Banten Abah Elang Mangkubumi mengatakan, kegiatan ini dalam rangka berdoa bersama untuk masyarakat Indonesia agar diberikan keberkahan, hingga mendoakan Pemilu 2024 berjalan dengan aman serta lancar.

Baca Juga

“Kami berdoa kepada Allah agar terhindarkan dari penyakit lahir dan batin, terhindarkan dari segala marabahaya, dan dijauhkan dari bencana-bencana. Setelah itu juga wabil khusus kami mendoakan Indonesia menuju (Pemilu) 2024 agar kemudian tercipta pemilu yang damai, tenang, humanis,” kata Abah Elang.

Abah Elang menjelaskan, salah satu doa yang dipanjatkan dalam kegiatan ‘Kemuning Bersholawat’ yakni masyarakat di Kabupaten Tangerang Banten, bisa lebih bijak dalam menerima informasi mengenai Pemilu 2024. Sehingga dapat menjadikan Indonesia yang lebih Tangguh.

Dengan begitu, kata Abah Elang, mereka tidak termakan informasi hoaks alias berita bohong yang dapat merusak keharmonisan dan kerukunan masyarakat.

“Karena menjelang Pilpres 2024 bukan hal yang mustahil akan terjadi sebaran isu yang hoaks, pertengkaran melalui media sosial mungkin berbenturan fisik,” kata Abah Elang.

“Nah kami akan mengabarkan ke masyarakat pentingnya menjaga kerukunan, pentingnya menjaga sebuah keharmonisan karena pemilu itu harus terlaksana dengan aman damai dan tenang,” ujar Abah Elang.

Sementara itu, Ketua Umum Gardu Ganjar, Ahmad Wahyudin Nahsyar mengatakan bahwa antusiasme masyarakat sangat luar biasa akan kegiatan ini.

“Luar biasa yang awalnya hanya satu desa dan kemudian ada beberapa desa Kecamatan Kresek ikut berpartisipasi dan ikut serta dalam kegiatan ini,” ucap Wahyudin.

Menurut Wahyudin, masyarakat Kabupaten Tangerang terkhusus di Desa Kemuning menyambut baik dan mendoakan agar Ganjar Pranowo menjadi Presiden selanjutnya.

“Masyarakat sangat tahu Pak Ganjar, dan menerima pak Ganjar terutama di daerah sini,” ungkap Wahyudin.

Senada, hal yang sama juga disampaikan oleh Abah Elang. Menurut dia, masyarakat di Banten siap mendukung sosok Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

“Insyaallah Banten akan lebih bermartabat, akan lebih memuliakan siapa pun yang terpilih menjadi Presiden, sesuai apa yang dengan kami harapkan yaitu bapak Haji Ganjar Pranowo,” kata Abah Elang.

Adapun terkait Pilpres, hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) yang dirlis pada Ahad (23/7/2023) menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo masih dalam posisi papan atas dengan 35,7 persen untuk simulasi tiga capres. 

Survei ini digelar pada 20-24 Juni 2023 terhadap 1.220 responden. Responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Adapun margin of error survei +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan. 

"Hasil survei tersebut mengungkapkan bahwa dalam simulasi 3 pasangan Capres dan Cawapres, dimana Ganjar Pranowo dipasangkan dengan Erick Thohir, mendulang dukungan 37,7 persen. Mereka unggul dibandingkan pasangan Prabowo Subianto dengan Airlangga Hartarto sebanyak 33,2 persen atau selisih 400 basis poin," kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, demikian dilansir dari Antara.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement