Jumat 28 Jul 2023 21:17 WIB

Januari-Juli 2023, Riau Distribusikan 5.550 Vial Vaksin Antirabies

Suntikan antirabies pada hewan cegah risiko kematian hingga 100 persen pada manusia.

Vaksin antirabies (Ilustrasi). Orang yang digigit hewan rabies harus segera disuntik vaksin antirabies.
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Vaksin antirabies (Ilustrasi). Orang yang digigit hewan rabies harus segera disuntik vaksin antirabies.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Dinas Kesehatan Provinsi Riau sudah mendistribuiskan sebanyak 5.550 vial vaksin antirabies untuk  periode Januari-Juli 2023. Vaksin diberikan sebagai perlindungan pada manusia dari dampak gigitan hewan rabies.

"Suntikan antirabies pada hewan juga bisa mencegah risiko kematian hingga 100 persen pada manusia," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau Zainal Arifin kepada wartawan di RSD Madani Jl Garuda Sakti Kota Pekanbaru, Jumat (28/7/2023).

Baca Juga

Menurut Zainal, 5.550 vial vaksin antirabies itu sudah didistribusikan kepada dinas kesehatan 12 kabupaten dan kota, RSUD Arifin Ahmad, serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Ia mengatakan saat ini stok vaksin antirabies tersedia di Provinsi Riau adalah sebanyak 7.083 vial, sehingga masih ada stok sebanyak 1.533 vial lagi.

"Vaksin antirabies yang didistribusikan itu adalah untuk manusia ke dinas kesehatan kabupaten/kota dan jika terjadi kekurangan pasokan maka dinas kesehatan kabupaten/kota dapat mengajukan kembali tambahan vaksin ke Dinas Provinsi Riau," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement