Ahad 23 Jul 2023 19:29 WIB

Banyuwangi Dorong Tumbuhnya Industri Fashion Ramah Lingkungan

Banyuwangi Fashion Festival digelar di wisata alam hutan trembesi De Djawatan.

Model memperagakan busana pada gelaran Banyuwangi Fashion Festival di Pasar Wisata Terpadu, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (12/7/2022). Tahun ini, ajang tersebut dihelat di kawasan hutan De Djawatan.
Foto:

Nanin memaparkan bahwa industri fashion di Banyuwangi terus menggeliat tiap tahunnya, mulai dari kain Nusantara yang berupa batik, hingga ragam pemanfaatannya menjadi aneka mode pakaian terus berkembang. Tak sedikit yang berhasil menembus pangsa pasar nasional hingga internasional.

"Geliat ini terus kami dorong untuk mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Banyuwangi," ujar Nanin.

De Djawatan, menurut Nanin, sengaja dipilih menjadi lokasi agenda Banyuwangi Fashion Festival tahun ini untuk mendorong tingkat kunjungan wisatawan. Bekas tempat penimbunan kayu milik Djawatan perkebunan yang telah nonaktif itu beralih menjadi hutan trembesi yang memukau.

Naungan pohon trembesi berlumut dengan usia ratusan tahun menjadi latar yang memesona gelaran Banyuwangi Fashion Festival. Keelokan alam menyatu dengan ragam adibusana kreasi para desainer "Bumi Blambangan".

"Mengusung tema sentral yang bermakna rasa, mewujud dalam ragam desain fesyen yang mengangkat cita rasa jajanan lokal. Kue-kue lokal seperti bagiak, klemben (roti bolu), uceng-uceng dan lainnya terwujud dalam motif wastra yang didesain apik," kata Nanin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement