Ahad 23 Jul 2023 09:26 WIB

Kinerja Kejaksaan Agung Perbaiki Wajah Penegakan Hukum

Kejaksaan Agung menangani kasus korupsi besar yang menguatkan supremasi negara.

Ilustrasi kegiatan Kejaksaan Agung.
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi kegiatan Kejaksaan Agung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada usianya yang ke-63 tahun, Kejaksaan Agung Republik Indonesia berada dalam performa terbaiknya. Presiden Joko Widodo pun mengapresiasi capaian kinerja yang telah ditorehkan Kejagung hingga menorehkan tingkat kepercayaan publik paling tinggi di antara lembaga penegak hukum lainnya, yakni 81,2 persen.

Pada puncak peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63 digelar upacara dihadiri seluruh insan Adhyaksa bertempat di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI Ragunan, Jakarta, Sabtu (23/7/2023).

Baca Juga

Presiden Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara, diikuti oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Presiden tidak hanya memberikan apresiasi tetapi juga memberikan catatan untuk ditindaklanjuti oleh Kejaksaan RI dan mengingatkan agar tidak ada jaksa yang bermain-main dalam penegakan hukum.

Pertama, Kepala Negara memintaKejaksaan Agung dapat mempertahankan kepercayaan masyarakat kepada lembaga penegak hukum tersebut.

Hasil survei lembaga nasional pada September 2022 menunjukkan tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan Agung sebesar 75,3 persen. Pada bulan Juli 2023 tingkat kepercayaan publik meningkat menjadi 81,2 persen. Kepercayaan ini merupakan penilaian tertinggi sepanjang sembilan tahun terakhir bagi Kejagung.

Untuk mempertahankan itu, Presiden meminta Kejaksaan Agung agar memiliki kinerja yang semakin baik dengan kerja yang sistematis dan terlembaga melalui transformasi yang terencana yang komprehensif dari pusat sampai ke daerah.

"Namun hati-hati mempertahankan, meningkatkan kepercayaan masyarakat itu tidak gampang. Jangan cepat berpuas diri," pesan Presiden.

Integritas Kejaksaan

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement