Kamis 20 Jul 2023 23:49 WIB

UNJ Raih Anugerah Tata Kelola Keuangan Tercepat KPPN Kemenkeu

Rektor merasa bangga dengan kerja tim keuangan UNJ

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) meraih anugerah peringkat 1 dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban bendahara tercepat dan benar dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan
Foto: dokpri
Universitas Negeri Jakarta (UNJ) meraih anugerah peringkat 1 dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban bendahara tercepat dan benar dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Negeri Jakarta (UNJ) meraih anugerah peringkat 1 dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban bendahara tercepat dan benar dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan (KPPN Kemenkeu). Selain UNJ, kategori tersebut diraih juga oleh Koopsus TNI di peringkat kedua dan berikutnya Polres Metro Jakarta Pusat di peringkat ketiga.

"Berarti kira-kira UNJ sebagai pelaksana pendidikan, UNJ dapat menyelenggarakan pelaporan transaksi keuangan dengan sangat baik,” ujar Kepala KPPN Jakarta III, Mochamad Chamnur Susanto, dalam siaran pers, Kamis (20/7/2023).

Penghargaan itu diterima langsung oleh Rektor UNJ, Komarudin, di Aula lantai 7 Gedung Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) DKI Jakarta. Selain acara Penganugerahan Kinerja Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Anggaran Terbaik Satker KPPN Jakarta III, pada kegiatan itu juga dilangsungkan sharing session Peningkatan Integritas dan Penguatan Anti Korupsi.

Chamnur mengatakan kegiatan itu memiliki sejumlah tujuan. Pertama dalam rangka meningkatkan intimasi antara KPPN Jakarta III dengan satker mitra. Kedua, merupakan upaya pihaknya mengapresiasi mitra kerja yang telah bersungguh-sungguh disiplin menyampaikan beberapa laporan, ada capaian output, IKPA, rajin menyampaikan LPJ.

"Tanpa bantuan bapak ibu, KPPN Jakarta III tidak bisa memberikan kinerjanya yang terbaik. Jadi biasanya kami menegur satker yang terlambat. Untuk hari ini, bentuk apresiasi dan terima kasih kami pada satker yang berdedikasi," jelas dia.

Tujuan berikutnya, Chamnur mengatakan, sudah menjadi kewajiban pihaknya untuk menjadi lebih baik. Di mana, untuk menjadi lebih baik tidak bisa kita kerjakan sendiri, tapi perlu dilakukan secara bersama-sama. Terlebih, kata dia, pihaknya dituntut oleh pimpinan untuk meningkatkan integritas kami salah satunya dengan Gerakan Anti Korupsi dan Anti Gratifikasi.

Sementara itu, Komarudin merasa bangga dengan kerja tim keuangan UNJ. Di mana atas kerja keras dan kepatuhan mereka berhasil mendapatkan penghargaan KPPN Jakarta III. Menurut dia, itu menandakan tata kelola keuangan UNJ patut diapresiasi karena kinerja yang begitu luar biasa dan menandakan tata kelola keuangan UNJ sesuai standar dapat memberikan kepuasan bagi pemangku kepentingan di bidang keuangan.

"Secara kinerja kita valid dan patut mendapatkan apresiasi karena memang sudah berkinerja sangat baik, baik internal dari KPPN maupun eksternal dari KAP (Kantor Akuntan Publik) memang ada relevansinya bahwa tata Kelola keuangan itu sudah sangat baik dan itu valid," terang Komarudin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement