Kamis 20 Jul 2023 22:20 WIB

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani: IPHI Harus Berkontribusi Maksimal dalam Penyelenggaraan Haji

IPHI harus ada perbaikan konstruktif dan mendukung haji.

Wakil Ketua MPR-RI H. Ahmad Muzani saat menerima Silaturahmi Ketua Umum PP IPHI di Gedung Nusantara III DPR-MPR-RI Senayan, Jakarta.
Foto: dok web
Wakil Ketua MPR-RI H. Ahmad Muzani saat menerima Silaturahmi Ketua Umum PP IPHI di Gedung Nusantara III DPR-MPR-RI Senayan, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) hendaknya bisa berkontribusi maksimal dalam penyelenggaraan ibadah haji, baik sebelum berangkat maupun kepulangannya dalam bentuk pembinaan alumni haji menjaga haji mabrur.

Harapan itu disampaikan Wakil Ketua MPR RI H Ahmad Muzani ketika berbincang dengan Ketua Umum Pengurus Pusat IPHI H Ismed Hasan Putro di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Baca Juga

Menurut H Ahmad Muzani, sebagai perkumpulan para alumni haji dan calon jamaah haji yang sudah berkiprah dan berkontribusi selama puluhan tahun, IPHI seharusnya juga berkontribusi dalam pembahasan ongkos naik haji (ONH) reguler bersama dengan pimpinan dan anggota Komisi Vlll DPR-RI.

Selain itu, PP IPHI juga harus bersedia membuat evaluasi yang komprehensif dan memberi masukan untuk memperbaiki kelemahan dalam rangkaian persiapan, pelaksanaan dan pemulangan para haji.

"Termasuk di dalamnya adalah evaluasi kritis yang terkait penerbangan, katering, dan fasilitas-fasilitas lainnya. Terutama saat puncak haji di Armina: Arafah, Muzdalifah, dan Mina," katanya. 

Langkah ini menurut H Ahmad Muzani yang juga Sekjen Partai Gerindra, perlu dilakukan oleh IPHI agar ada perbaikan yang konstruktif terhadap permasalahan dan kekurangan dalam  penyelenggaraan ibadah haji setiap tahunnya.

H Ahmad Muzani mengungkapkan musim haji 2023 ini banyak permasalahan dan keluhan yang muncul ke permukaan melalui laporan media yang meliput pelaksanaan haji 2023, baik transportasi di Mina maupun masih ada masalah katering. Persoalan inilah yang ke depan juga harus diperbaiki.

Ahmad Muzani yang juga berteman lama dengan Ismed Hasan Putro dalam pertemuan ini juga membahas  potensi alumni haji yang dapat disinergikan antara PP IPHI dengan Komisi VIII 

dalam mempersiapkan masukan untuk pelaksanaan ibadah haji yang lebih baik pada tahun-tahun mendatang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement