Rabu 17 May 2023 14:46 WIB

Wakil Gubernur Buka Kalteng Expo 2023

Kalteng Expo tahun 2023 merupakan agenda rutin tahunan Pemprov Kalteng

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Edy Pratowo membuka secara resmi Kalteng Expo Tahun 2023 yang digelar di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya, Rabu (17/5/2023).
Foto: Dok Humas Pemprov Kalteng
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Edy Pratowo membuka secara resmi Kalteng Expo Tahun 2023 yang digelar di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya, Rabu (17/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Edy Pratowo membuka secara resmi Kalteng Expo Tahun 2023 yang digelar di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya, Rabu (17/5/2023). Kegiatan Kalteng Expo dibuka secara virtual oleh Wakil Gubernur Kalteng dari Jakarta.

Wakil Gubernur H Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng menyampaikan Kalteng Expo tahun 2023 merupakan agenda rutin tahunan Pemprov Kalteng, dalam rangka memeriahkan hari jadi Provinsi Kalteng, yang tahun ini menginjak usia ke-66. Kegiatan ini juga adalah salah satu upaya mendukung Program Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

Kalteng Expo, lanjut dia, diselenggarakan sebagai ajang promosi dan informasi peluang investasi bagi produk-produk komoditas unggulan Kalteng. Sehingga diharapkan dapat menciptakan wahana interaksi bisnis dan menjalin kerja sama saling menguntungkan antar pelaku usaha, pembeli, dan investor, untuk mendorong masuknya investasi ke Kalteng. Expo juga bisa meningkatkan volume perdagangan produk unggulan daerah Kalimantan Tengah, industri, teknologi, SDM, dan lain sebagainya.

Selain itu melalui Kalteng Expo ini dapat meningkatkan kemitraan di antara pelaku usaha, nilai tambah produk, digitalisasi pemasaran, dan optimalisasi komoditas unggulan daerah. Pasar bebas saat ini harus benar-benar dimanfaatkan, sehingga kita perlu mengajak masyarakat lebih mencintai produk dalam negeri dan lokal daerah.

Kalteng Expo digelar sebagai sarana efektif memacu produk lokal untuk lebih meningkatkan kualitas, kreativitas, dan produktivitas, agar menarik calon pembeli dan investor bertransaksi dagang dan membangun investasi di Kalteng. Wagub juga berharap acara ini mampu mendorong para pelaku usaha UMKM dan IKM untuk selalu mengikuti perkembangan dan permintaan pasar serta mempertimbangkan isu-isu perdagangan nasional dan global terkini.

Seperti produk ramah lingkungan dan produk peduli akan kesehatan, dan sekaligus dapat memunculkan brand atau merek baru untuk produk yang dihasilkannya serta meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM di sektor jasa, dengan menyajikan data dan informasi yang berkualitas, kreatif, dan produktif untuk kepentingan perdagangan dan investasi, dalam rangka mempromosikan potensi daerah Kalteng.

“Menjadi harapan kita bersama, kegiatan Kalteng Expo tahun 2023 ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta dapat meningkatkan nilai transaksi bagi produk yang dipamerkan dari Tahun sebelumnya, dan memberikan kemajuan bagi pelaku usaha UMKM dan IKM Kalimantan Tengah dalam menghadapi persaingan di pasar global”, ucap Edy.

 

photo
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Edy Pratowo membuka secara resmi Kalteng Expo Tahun 2023 yang digelar di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya, Rabu (17/5/2023). - (Dok Humas Pemprov Kalteng)
 

Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Suhaemi, dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan Kegiatan Kalteng Expo 2023 di arena pameran Temanggung Tilung Palangka Raya berlangsung dari tanggal 17 hingga 21 Mei 2023.

Expo ini  dibuka untuk umum dari pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB setiap hari. Ada sebanyak 361 stand yang terdiri dari stand indoor dan stand outdoor yang turut berkontribusi pada Kalteng Expo. Stand diisi oleh peserta dari SOPD Provinsi, SOPD Kabupaten/kota se-Kalteng, instansi vertikal, korporasi, Polri, TNI, dunia dsaha/IKM/ umkm yang berasal dari Provinsi Kalteng maupun dari luar Provinsi Kalteng.

Suhaemi menambahkan, bersamaan dengan pelaksanaan Kegiatan Kalteng Expo 2023 ini, juga dilaksanakan pasar rakyat guna menampung para pedagang kecil yang akan mengambil bagian untuk menampilkan barang dagangannya sehingga mereka mempunyai kesempatan yang sama untuk berusaha atau berdagang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement